sign up SIGN UP search


menyusui

4 Hal Berbahaya yang Sebaiknya Dihindari Busui agar Tak Rusak Nutrisi Asi

Juan Satya Minggu, 19 Sep 2021 19:15 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Tahukah Bunda, ada beberapa hal berbahaya untuk ibu menyusui. Sebaiknya hindari yuk, agar tidak membahayakan Bunda dan sang buah hati ke depannya. 

Salah satunya adalah menghindari makanan berbahaya agar tidak keracunan makanan. Bagaimana jika mengalami keracunan makanan di saat masih menyusui Si Kecil. Apakah hal itu dapat membahayakan Bunda dan sang buah hati?

Menjawab rasa kekhawatiran Bunda, dikutip dari Healthline, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Korean Journal of Pediatric pada tahun 2017 silam, keracunan makanan yang dialami saat menyusui umumnya tidak menjadi masalah, Bunda. Jadi, Bunda tetap dapat dan terus menyusui sang buah hati, ya.


Hanya saja, kemungkinannya Bunda akan menjadi lemas karena reaksi tubuh yang harus mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Jika tidak segera diatasi, hal ini bisa berdampak pada produksi ASI yang menurun.

Ibu MenyusuiHal Membahayakan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui/ Foto: iStock

Menurut Wendy Wisner seorang konsultan laktasi, untuk mengatasi keracunan makanan Bunda perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi, mencari bantuan medis, berkonsultasi dengan dokter, rajin mencuci tangan, dan meminimalkan risiko dengan melakukan pembersihan terhadap rumah dan peralatan.

Selain keracunan makanan, ternyata ada empat hal lainnya yang dapat membahayakan Bunda dan bayi saat menyusui. Untuk lebih jelasnya Bunda dapat menyimak empat hal berikut seperti dilansir dari laman Fox News:

Hal yang Membahayakan Ibu Menyusui dan Sang Buah Hati

Simak makanan yang membahayakan Bunda menyusui di bawah ini:

1. Merokok

Kehamilan adalah sebuah dorongan yang di butuhkan oleh bagi kebanyakan Bunda untuk berhenti merokok. Hal ini senada dengan sebuah studi tahun 2010 dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research yang menemukan bahwa Bunda yang berhenti merokok karena kehamilan, tidak akan merokok 26 minggu setelah melahirkan.

Jika Bunda mengulangi kebiasaan tersebut setelah kehamilan, bukan hanya racun dari rokok yang berpindah ke ASI, tetapi paparannya saja juga sangat berbahaya.  

Meskipun para ahli mengatakan bahwa hanya sebagian kecil nikotin yang dapat melewati ASI, tetap saja berbahaya. Diketahui, paparan asap rupakan faktor risiko Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS). Nah, menyusui sebenarnya melindungi bayi terhadap SIDS, Bunda. Jadi, sangat disayangkan ya kalau ASI Bunda terpapar nikotin.

“Meskipun mungkin ada sesuatu dalam ASI yang lebih suka tidak dimiliki bayi, ada begitu banyak bayi yang akan melewati ASI sehingga dia tidak akan mendapatkan susu formula sehingga akan jauh lebih baik baginya untuk menyusui,” tutur Diana West, konsultan laktasi bersertifikat internasional dan direktur hubungan media untuk La Leche League di Chicago, Illinois.

Bunda, masih ada tiga hal lain yang dapat membahayakan Bunda dan Si Kecil saat masa menyusui, lho. Klik baca halaman berikutnya, yuk, agar tidak ketinggalan inormasi lengkapnya.

Simak juga cara mengatasi sakit kepala pada ibu menyusui yang aman dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BAHAYA ALKOHOL HINGGA OBAT UNTUK BUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!