sign up SIGN UP search


menyusui

Pentingnya Kalsium untuk Ibu Menyusui, Ini 6 Hal yang Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani Rabu, 22 Sep 2021 13:58 WIB
Close up portrait of beautiful young mother asian carrying little baby girl in home and sunlight in the morning. Healthcare, love, relationship concept caption

Kalsium untuk ibu menyusui adalah hal yang sangat penting dan sebaiknya dijadikan prioritas oleh Bunda. Kalsium adalah mineral penting yang harus dikonsumsi setiap ibu menyusui. Tetapi mengapa kalsium diperlukan dan dalam dosis seperti apa yang harus dikonsumsi?

Berikut informasi lengkapnya, seperti dilansir dari Parenting First Cry.

1. Mengapa ibu menyusui membutuhkan lebih banyak kalsium?

Seorang wanita kehilangan 3-5 persen dari massa tulangnya saat menyusui bayi mereka. Hal ini terjadi karena kebutuhan bayi akan kalsium semakin meningkat.


Dengan demikian sebagian besar kalsium yang dikonsumsi Bunda lebih banyak yang dialirkan untuk bayi (melalui ASI) jika dibandingkan dengan yang diterima oleh tulangnya sendiri. Hal tersebut membuat Bunda menjadi lemah.

Selama menyusui, estrogen (hormon yang dibutuhkan untuk perlindungan tulang) pada Bunda juga menurun, dan ini membuat tulang lebih lemah. Oleh karena itu, asupan kalsium selama menyusui menjadi sangat penting dan menjadi kebutuhan utama.

2. Berapa banyak kalsium yang dibutuhkan ibu menyusui?

Dilansir dari UCSF Health, asupan kalsium harian yang disarankan untuk ibu menyusui adalah sebanyak 1.300 miligram per hari, Bunda. Membaca label nutrisi dapat membantu memastikan Bunda mendapatkan cukup kalsium. Misalnya, satu cangkir susu atau yoghurt mengandung 300 miligram kalsium.

3. Pentingnya kalsium saat menyusui

Kalsium penting untuk tulang dan gigi yang baik karena sekitar 99 persen dari total kalsium dalam tubuh kita ada di tulang dan gigi kita, Bunda. Kekurangan mineral ini dalam tubuh dapat menyebabkan osteoporosis, dan kadar kalsium selama menyusui harus cukup untuk menghindari hal tersebut.

  • Meningkatkan kesehatan tulang

Saat menyusui, kekurangan kalsium sangat mungkin terjadi karena kebutuhan bayi akan kalsium meningkat seiring pertumbuhannya. Kebutuhan ini dipenuhi dengan mengambil kalsium dari Bunda melalui air susu ibu. Oleh karena itu, ibu menyusui harus mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup untuk menebus hilangnya kalsium dalam tubuh mereka.

  • Meningkatkan kesehatan mulut

Penting bagi Bunda menyusui untuk mengonsumsi kalsium karena kekurangan kalsium dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi dan mulut Bunda menyusui. Kekurangan kalsium pada Bunda menyusui dapat menyebabkan penyakit periodontal yang selanjutnya dapat menyebabkan kerusakan gusi, tulang alveolar dan lapisan luar akar gigi.

4. Bisakah Bunda mengonsumsi suplemen kalsium saat menyusui?

Bunda harus mengonsumsi suplemen kalsium hanya setelah berkonsultasi dengan dokter. Jika dokter merasa bahwa asupan makanan Bunda tidak mengandung banyak kalsium dan Bunda memerlukan suplemen untuk membuat tubuh Bunda menerima jumlah kalsium yang cukup, maka Bunda dapat mengonsumsi suplemen yang spesifik seperti yang disarankan dan diresepkan oleh dokter.

Meski demikian, Bunda harus tahu bahwa jika suplemen kalsium dikonsumsi secara berlebihan maka dapat menyebabkan reaksi alergi dan kondisi kesehatan lainnya. 

5. Suplemen kalsium manakah yang dapat Digunakan saat menyusui?

Suplemen kalsium untuk ibu menyusui membantu meningkatkan kesehatan tulang serta kesehatan mulut wanita yang tidak mendapatkan cukup kalsium melalui makanan sehari-hari. Di bawah ini adalah beberapa suplemen kalsium yang dapat dikonsumsi ibu menyusui.

Suplemen harus memiliki magnesium untuk membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik. Kandungan magnesium harus setengah dari kandungan kalsium. Bunda yang tidak dapat minum susu atau produk susu apa pun saat menyusui harus mengonsumsi suplemen kalsium yang mengandung zinc karena produk susu merupakan sumber yang kaya akan seng bersama dengan kalsium.

Namun, tablet kalsium terbaik untuk Bunda menyusui yang bisa dikonsumsi adalah yang mengandung zinc dan magnesium bersama dengan kalsium. Ini akan mengatasi semua kekurangan saat menyusui.

6. Makanan tinggi kalsium untuk ibu menyusui

Bunda menyusui harus mendapatkan jumlah makanan kaya kalsium yang cukup setiap hari untuk menghindarkan diri dari kehilangan massa tulang dan kerusakan gigi. Berikut adalah daftar produk makanan yang kaya akan kalsium:

  • Produk susu dianggap sebagai sumber kalsium terbesar. Hal ini ditemukan dalam produk susu sehari-hari seperti susu, mentega, buttermilk, semua jenis keju termasuk keju cottage. Namun, sebaiknya ibu menyusui yang memiliki bayi kolik menjauhi semua jenis produk susu karena menyebabkan banyak gas, kembung dan sakit perut pada bayi.
  • Buah-buahan seperti jeruk keprok, jeruk, kiwi, ara, kurma, plum, murbei, dll.
  • Sayuran berdaun hijau tua seperti brokoli, semua jenis bayam, lobak, bok choy, peterseli, jelatang, dll.
  • Susu kedelai, kedelai, dan tahu
  • Buncis
  • Biji wijen, biji bunga matahari, biji rami, almond, kacang mete, walnut, dan hazelnut
  • Biji-bijian seperti quinoa dan ragi
  • Ikan seperti salmon, mackerel, sarden, dan udang
  • Oat dan corn flakes

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan gangguan tulang dan kerusakan gigi pada ibu menyusui serta bayinya. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu menyusui untuk memasukkan makanan kaya kalsium dalam makanan sehari-hari mereka.

Banyak bahan dan makanan sehari-hari mengandung kalsium di dalamnya. Jadi pastikan untuk memakannya setiap hari dan pertahankan kadar kalsium Bunda. Semoga informasinya membantu ya.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!