sign up SIGN UP search


menyusui

Puting Lecet saat Menyusui Si Kecil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya Bun

Annisa Karnesyia Senin, 04 Oct 2021 18:40 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Menyusui adalah momen berharga untuk bonding bersama Si Kecil. Namun, masa menyusui juga dapat menjadi tantangan bagi beberapa Bunda nih.

Menjelang proses persalinan, Bunda biasanya mulai mengalami perubahan payudara untuk persiapan menyusui. Beberapa di antaranya adalah perubahan ukuran payudara dan warna areola yang menjadi lebih gelap. Kedua hal ini disebabkan karena pengaruh hormonal.

Bunda enggak perlu khawatir dengan perubahan ini ya. Menurut Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr.Ferry Darmawan, SpOG, perubahan seperti ukuran payudara tidak akan memengaruhi produksi ASI yang dihasilkan dari seorang Bunda.


"Tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa ukuran payudara berhubungan dengan keberhasilan menyusui. Tidak usah khawatir sama kemampuan menyusui, pasti bisa setelah melahirkan," kata Ferry dalam MOMAMI MOM Virtual Launching via Zoom, Jumat (1/10/21).

Banner Pria Bali Jadi Supir di Kanada Bergaji Besar

Setiap Bunda diberikan anugerah untuk bisa menyusui buah hatinya. Namun, tak semua Bunda bisa berhasil menyusui tanpa masalah, terutama di usai melahirkan.

Masalah menyusui yang sering dialami Bunda usai melahirkan adalah puting lecet atau cracked nipple. Kondisi ini sering bisa bikin bayi menolak menyusu lho, Bunda.

Cracked nipple juga dapat membuat Bunda mengalami nyeri puting. Ferry menjelaskan bahwa puting lecet enggak boleh dianggap sepele dan harus segera diatasi.

Puting lecet yang dibiarkan saja bisa menyebabkan demam lalu menjadi mastitis. Pada kondisi yang parah, payudara bisa mengalami abses dan akhirnya sulit menyusui buah hati.

"Ini juga sering dikeluhkan ibu menyusui dan ini jangan disepelekan karena sakit banget," kata Ferry.

"Puting lecet bisa bikin ibu enggak bisa menyusui karena rasa nyeri di payudara," sambungnya.

Lalu bagaimana cara mengatasi puting lecet pada Bunda menyusui yang baru melahirkan ya? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga tips tentang cara atasi payudara lecet saat menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENGATASI PUTING LECET MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!