sign up SIGN UP search


menyusui

ASIP Boleh Kok Disimpan Bersama Makanan Lain, Ini Aturannya Bunda

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 24 Nov 2021 10:37 WIB
Breast milk frozen in storage bag and baby lying on background Ilustrasi ASI perah/Foto: iStock

Jakarta - Sebagai pejuang ASI, mengetahui tata cara memompa dan menyimpan ASIP sangatlah penting. Bunda pun perlu mengikuti aturannya supaya ASI yang diminum Si Kecil tetap berkualitas.

Termasuk tidak melakukan penyimpanan ASI bercampur makanan tertentu yang membuatnya berisiko terkontaminasi. Menyusui memang bukan hal yang mudah, akan ada banyak kendala yang ditemui dalam perjalanannya. 

Ya, ASI memang menjadi nutrisi bergizi yang sangat dibutuhkan bayi sejak lahir. ASI menjadi makanan sempurna untuk bayi. Karenanya, Bunda pun perlu menjaga kualitas ASI tersebut sebaik mungkin dari mulai asupan yang dijaga agar produksi ASI tetap lancar hingga cara menyimpan bagi Bunda yang memerah ASI untuk Si Kecil.


Berbicara soal penyimpanan ASI, ini tentu menjadi bagian yang penting diperhatikan ya, Bunda. Penyimpanan ASI yang benar tentu akan membantu menjaga nutrisi ASI tetap optimal dan menjaganya tetap berkualitas untuk memberikan perlindungan secara maksimal.

"Bunda dapat menyimpan ASI dengan aman di dalam freezer atau lemari es dengan beberapa ketentuan. Jangan sia-siakan setetes ASI yang sangat berharga," ujar Kimberly Falatic, RNC-NIC, IBCLC, seorang konsultan laktasi seperti dikutip dari laman Healthcleveandclinic.

Banner Wanita Pontianak Nikahi Bule

Ketentuan tersebut, sambung Falatic, yakni bahwa ASIP tahan tiga hingga empat bulan di dalam freezer kulkas standar. Dan, tahan enam hingga 12 bulan dalam freezer yang terpisah. Kemudian, penting melakukan penyimpanan ASI di bagian belakang freezer dan hindari di bagian pintunya. 

Saat membeku, sisakan 1 inci ruang di bagian atas wadah agar susu mengembang saat membeku. Bunda juga dapat membekukan ASI dalam jumlah kecil untuk menghindari pemborosan dan memudahkan penggunaan dalam sekali pakai.

Dalam penyimpanan ASI, Bunda menyusui dapat menggunakan botol kaca untuk mempertahankan komponen ASI tetap berkualitas. Namun, mengingat kaca juga berisiko cepat pecah, Bunda dapat menggunakan alternatif wadah plastik untuk penyimpanan ASI. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang tips memerah ASI untuk Bunda bekerja di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PENYIMPANAN ASI CAMPUR MAKANAN, BOLEH ENGGAK SIH?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!