sign up SIGN UP search

menyusui

Menyapih Bisa Mengecilkan Payudara? Ini Penjelasannya Bun

Dewi Ratna   |   Haibunda Kamis, 02 Dec 2021 16:48 WIB
Ilustrasi ibu dan anak membaca buku caption

Beberapa bunda mengalami perubahan ukuran payudara setelah menyusui. Ada yang mengungkapkan bahwa payudara mereka tetap lebih besar setelah menyusui, sementara yang lain mengatakan bahwa berhenti menyusui malah mengecilkan payudara.

Menyapih bisa mengecilkan payudara?

Berhenti menyusui identik dengan menyapih, yaitu kondisi di mana Bunda menghentikan pemberian ASI pada Si Kecil di usia tertentu, meskipun mereka masih menginginkannya. Namun ini bisa juga terjadi karena kondisi produksi ASI yang memang terhenti.


Namun yang perlu Bunda ketahui, American Academy of Pediatrics (AAP) mengungkapkan bahwa usia, gravitasi, dan penambahan berat badan lebih mungkin menyebabkan perubahan ukuran payudara daripada menyusui.Payudara Bunda mungkin akan kembali ke ukuran cup semula setelah berhenti menyusui. Ada kemungkinan juga, menyapih juga makinĀ mengecilkan payudara dibanding sebelum masa menyusui.


Ketika Bunda menyapih, bukan berhenti menyusui yang akhirnya mengecilkan payudara, tapi hal tersebut terkait dengan elastisitas kulit payudara yang berkurang. Ketika ASI berhenti diproduksi, payudara yang tadinya mengembang dan tiba-tiba mengecil, akan menjadi kendur.

Yang sering menjadi fokus Bunda kebanyakan bukan efek berhenti menyusui yang mengecilkan payudara, tapi lebih ke bagaimana mempertahankan elastisitasnya. Meski tidak bisa melawan efek penuaan, tapi Bunda bisa coba konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur untuk mempertahankan berat badan.

Merawat Payudara Selama dan Setelah Menyusui

Meskipun Bunda tidak bisa benar-benar melawan efek kehamilan dan penuaan, tapi berikut ini ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk merawat payudara tetap sehat selama masa menyusui dan setelahnya:

1. Pakai bra yang menopang dengan baik

Memakai bra yang bisa menopang payudara Bunda dengan baik sangat dibutuhkan untuk jaringan payudara selama aktivitas sehari-hari. Bra yang tepat akan membantu mencegah rasa sakit dan kondisi kendur di masa menyusui dan setelah menyapih.

Memilih bra yang membuat payudara sedikit terangkat, akan sangat membantu dalam membentuk payudara setelah menyusui yang dikhawatirkan dapat mengecilkan payudara itu. Namun Bunda bisa menunggu dulu 3 hingga 6 minggu setelah menyusui, agar badan dan payudara menyesuaikan diri dengan bentuk barunya, baru deh pergi ke toko untuk membeli bra baru.

2. Rawat kulit dengan baik

Beberapa Bunda mungkin mengalami kulit kering di sekitar payudara dan bagian tubuh lainnya. Untuk membantu meminimalkan kekeringan saat menyusui dan setelahnya, direkomendasikan untuk menggunakan losion perawatan tubuh yang sesuai dengan jenis kulit Bunda.

3. Jangan abaikan puting Bunda

Segera obati kondisi di mana puting menjadi sensitif, melepuh, berdarah, dan pecah-pecah. Bunda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini untuk membuatnya tetap lembab:

  • Lanolin
  • ASI yang digosokkan setiap sebelum dam setelah menyusui
  • Minyak kelapa atau minyak zaitun
  • Krim berbasis calendula

Jika itu tidak berhasil, Bunda bisa langsung mengunjungi dokter untuk pengobatan yang lebih tepat.

4. Hindari merokok

Selain banyak risiko lainnya untuk kesehatan, merokok juga bisa berpengaruh pada elastisitas kulit Bunda yang akan memberi kesan mengecilkan payudara. Jika Bunda adalah perokok, maka sebaiknya berhentilah atau temui praktisi medis untuk konsultasi program berhenti merokok.

5. Santai dan berpikir positif

Ingat, Bunda! Tidak ada dua payudara yang sama bentuk dan ukurannya, bahkan jika mereka berpasangan. Semua Bunda punya ukuran yang berbeda pada payudara. Saat dia membesar di masa kehamilan, perbedaannya akan lebih jelas karena salah satunya mungkin memiliki lebih banyak saluran susu atau lebih kuat memproduksi ASI.

Setelah menyusui, mungkin saja akan membesarkan atau mengecilkan payudara daripada sebelum masa kehamilan. Beri diri Bunda waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan ini.


Nah, itu tadi lima hal yang bisa bunda lakukan untuk perawatan selama dan saat berhentiĀ menyusui atau menyapih, agar payudara tetap sehat. Ingat ya Bunda, menyusui atau menyapih bukan hal yang bisa mengecilkan payudara, jadi tidak perlu khawatir.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!