sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Jitu Hentikan Kebiasaan Bayi Menggigit saat Menyusui

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 21 Dec 2021 10:18 WIB
ilustrasi menyusui caption

Jakarta - Ketika Si Kecil menggigit puting susu, itu pastinya menjadi pengalaman yang menyakitkan ya. Bunda akan merasakan sakit yang tak tertahankan dan putingnya juga akan membengkak.

Hampir semua ibu menyusui mengalaminya, termasuk Nagita Slavina, yang saat ini tengah menyusui Si Kecil Rayyanza Malik Ahmad, anak kedua Nagita dan Raffi Ahmad yang baru saja lahir.

Menggigit puting adalah hal yang biasa dilakukan sebagian besar bayi, terutama bayi yang sedang tumbuh gigi. Bayi yang baru lahir mungkin akan menggigit karena tidak nyaman dengan posisinya saat menyusu. Namun, Bunda perlu tahu bahwa tidak semua bayi menggigit.


“Tidak semua bayi menggigit saat mereka menyusui, tetapi ini memang menjadi risiko semua ibu menyusui. Jangan khawatir, Bunda tidak perlu mengakhiri sesi menyusui bayi jika dilakukan dengan benar,” kata Pam Davey, konsultan laktasi di Edmonton, dikutip dari Today’s Parent.

Oleh karena itu, penting untuk memahami mengapa bayi menggigit saat menyusui dan bagaimana cara membuat bayi berhenti menggigit saat menyusui. Simak penjelasan berikut ini, ya.

Banner Resep Masakan Rp20 ribuBanner Resep Masakan Rp20 ribu/ Foto: HaiBunda/Mia

Mengapa Si Kecil menggigit?

Mengetahui alasan Si Kecil menggigit puting susu Bunda saat menyusui dapat membantu Bunda menghindarinya dan menjaga puting Bunda aman dari gigi mungil Si Kecil. Berikut ini beberapa alasan mengapa bayi menggigit :

1. Tumbuh gigi

Saat Si Kecil mencapai usia 4 hingga 7 bulan, mereka akan mulai menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi. Saat gigi pertama tumbuh, Si Kecil mungkin merasa tidak nyaman dan rewel.

Hal ini karena gigi bayi yang mulai menempel pada gusi akan terjadi pembengkakan dan rasa sakit pada gusi. Dalam situasi seperti itu, mereka menggigit puting susu untuk menghilangkan rasa sakit.

2. Masih lapar

Saat merasa sangat lapar dan tidak mendapatkan cukup ASI, bayi mulai menggigit puting. Saat persediaan ASI Bunda habis, Si Kecil mungkin menggigit dan menarik kembali, mencoba untuk mendapatkan lebih banyak ASI dari payudara Bunda.

3. Minta diperhatikan

Jika Bunda tidak memperhatikan Si Kecil saat menyusui, Si Kecil mungkin akan menggigit untuk menarik perhatian Bunda.

4. Bayi sedang pilek

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa banyak bayi yang menggigit puting susu ibunya saat mengalami infeksi telinga atau pilek

5. Bayi merasa bosan

Terkadang gigitan bayi ketika menyusui mungkin hanya karena bosan. Mereka terganggu oleh lingkungan sekitarnya. Bunda akan melihat bahwa ini biasanya terjadi ketika Si Kecil mendekati akhir sesi menyusui dan tidak lapar lagi.

Lalu, bagaimana cara agar bayi berhenti menggigit puting susu Bunda saat menyusui? Simak di halaman selanjutnya, ya.

Simak juga video tentang Nagita Slavina yang mengalami puting lecet di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



HENTIKAN KEBIASAAN SI KECIL MENGGIGIT PUTING SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!