sign up SIGN UP search


menyusui

5 Jenis Sayuran Pelancar ASI, Murah Meriah Banyak di Tukang Sayur

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 15 Dec 2021 17:24 WIB
Young woman eating a healthy salad caption
Jakarta -

HaiBunda, ASI sering kali tidak lancar pasca melahirkan. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung ragam zat terbaik sebagai pelancar ASI. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai makanan dan sayuran pelancar ASI yang mudah didapatkan dan sangat ampuh untuk melancarkan cairan dari payudara Bunda ini.


Macam Sayuran Pelancar Asi

1. Daun katuk

Daun katuk sudah dipercayai masyarakat sebagai salah satu sayuran yang digunakan untuk melancarkan ASI pasca ibu melahirkan. Mengapa demikian? Pasalnya daun katuk mengandung zat prolaktin dan laktagogum yang mana kedua zat tersebut memiliki khasiat untuk meningkatkan produksi ASI.

Banner Resep Masakan Rp20 ribuFoto: HaiBunda/Mia

Adapun cara memilih daun katuk yang bagus adalah memilih daun yang tidak keras, setelah dipetik lebih baik daun segera dicuci dan dijemur, kemudian rebus daun jangan terlalu lama, dan air rebusan siap diminum. Untuk penyimpanannya lebih baik diletakkan dalam lemari pendingin.


2. Bayam

Sayuran pelancar ASI selain daun katuk adalah bayam. Ketika proses persalinan, terkhusus bagi Bunda yang mengalami pendarahan akan kehilangan darah yang cukup banyak. Nah inilah yang akhirnya juga mempengaruhi produksi dan kualitas ASI.

Karena darah mengandung zat besi yang sangat diperlukan dalam produksi cairan berharga ini. Oleh karena itu dengan mengonsumsi bayam yang cukup dapat membantu memenuhi zat besi dalam tubuh, sehingga dapat membantu melancarkan ASI.

3. Pare

Tahukah Bunda ternyata di balik pahitnya sayuran berbintil ini ternyata memiliki khasiat yang sangat baik pasca melahirkan? Sayuran pare dipercaya memiliki khasiat dapat melancarkan Air Susu Ibu karena pare memiliki kandungan folat dan fitonutrien serta tinggi vitamin C hingga vitamin K.

Tips untuk Bunda yang tidak ingin merasakan pahitnya pare, sebelum mengolahnya ada baiknya untuk merendam potongan pare menggunakan garam selama 25 menit. Kemudian cuci potongan pare dengan air bersih dan pare siap untuk diolah.

4. Daun Kelor

Sayuran pelancar ASI yang selanjutnya adalah daun kelor. Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa kelor mempunyai khasiat dapat memperlancar Air Susu Ibu. Dengan mengonsumsi daun kelor yang diolah menjadi sayur bening dapat melancarkan produksi ASI pasca melahirkan.

5. Jagung

Sayuran berjenis biji-bijian yang satu ini merupakan salah satu sayuran yang dapat membantu melancarkan ASI. Ini karena tumbuhan biji-bijian mempunyai kandungan gizi yang tinggi protein dan karbohidrat, yang mana dapat membantu melancarkan produksi ASI pada ibu pasca melahirkan.

Tumbuhan biji-bijian selain jagung, ada juga kacang hijau yang sangat membantu Bunda meningkatkan volume ASI pasca melahirkan. Demikian beberapa jenis sayuran pelancar ASI yang dapat Bunda coba. Selain mudah dicari di tukang sayur dan pasar, cara pengolahannya juga sangat mudah. (PK)


Simak juga video berikut mengenai vitamin untuk Bunda menyusui, apa sajakah itu?

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!