sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Minum Susu Kedelai saat Menyusui Sebabkan Perut Kembung pada Bayi?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 19 Dec 2021 08:15 WIB
Newborn baby crying in mother hands caption

Jakarta - Minum susu kedelai memang dipercaya dapat melancarkan ASI. Tetapi nih, tak jarang ada ibu menyusui yang beranggapan susu kedelai juga bisa menyebabkan perut kembung pada bayi. Hmm, benar enggak sih, Bunda? Jadi galau deh!

Berbicara mengenai susu kedelai, memang manfaatnya tak diragukan lagi ya, Bunda. Ada banyak manfaat potensial dari mengonsumsi susu kedelai saat menyusui.

Meski demikian nih, Bunda, di luar manfaatnya yang sangat baik saat menyusui, ada juga risiko yang perlu Bunda tahu terkait mengonsumsi produk kedelai saat menyusui. Termasuk dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada Si Kecil. 


Ya, sebenarnya ketidaknyamanan perut atau perut kembung memang umum terjadi pada bayi baru lahir. Tetapi, biasanya akan membaik setelah usia dua bulan. Tetapi tak jarang, orang tua menyalahkan pola makan ibu menyusui meskipun sebenarnya tidak banyak bukti bahwa apa yang ibu menyusui makan akan memengaruhi bayinya.

Satu-satunya peringatan yang perlu diwaspadai yakni hanyalah susu. Sebab, biasanya banyak bayi yang sensitif terhadap konsumsi susu yang ibu minum. Tidak ada tes untuk hal tersebut memang, tetapi biasanya bayi mungkin menampakkan perut kembung dan tidak nyaman saat menyusu.

Bahkan, beberapa bayi juga mengalami diare parah dan berlendir. Sekitar 20 persen bayi yang sensitif terhadap susu sapi dan susu kedelai yang dikonsumsi Bundanya. 

Banner Kampung Miliuner CilacapBanner Kampung Miliuner Cilacap/ Foto: Mia Kurnia Sari

"Karena itu, sangat disarankan bagi para busui untuk mencoba diet bebas susu dan kedelai selama dua minggu untuk melihat perbaikan pada Si Kecil," seperti dikatakan Dr Dina Kulik, Founder and Director of Kidcrew di Toronto.

Kemudian nih, Bunda, jika bayi kembung, mudah tersinggung, menolak menyusu atau kurang tidur, cobalah untuk menghindari susu kedelai atau susu sapi agar bayi kembali nyaman, seperti dikutip dari laman Todaysparent.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Saksikan juga video tentang resep puding susu kedelai di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



APAKAH BUSUI YANG MINUM SUSU KEDELAI SEBABKAN PERUT KEMBUNG PADA BAYI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!