MENYUSUI
Menyusui Ternyata Mampu Lindungi Bunda dari Gangguan Jantung, Termasuk Stroke
Sheila Permatasari | HaiBunda
Minggu, 30 Jan 2022 15:01 WIBJakarta - Bunda, menyusui Si Kecil memang memiliki berjuta manfaat kesehatan, baik untuk bayi maupun ibunya. Selalu ada hasil penelitian terbaru yang menemukan khasiat dari ASI.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyatakan menyusui mampu mengurangi risiko infeksi pernapasan dan risiko kematian akibat penyakit menular yang lebih rendah di antara anak-anak yang menyusu.
Tak hanya untuk Si Kecil, Bunda, ternyata menyusui juga bermanfaat untuk kesehatan Bunda, termasuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, kanker ovarium dan kanker payudara.
Nah, yang terbaru, menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American Heart Association (JAHA), seperti yang dikutip dari laman Newsroom, menyusui juga dapat melindungi Bunda dari risiko penyakit jantung dan stroke atau bahkan meninggal karena penyakit kardiovaskular lho.
Sebuah penelitian terhadap 1,2 juta wanita menemukan bahwa ibu menyusui memiliki risiko lebih kecil untuk menderita stroke. Para peneliti dari University of Innsbruck, Austria, telah menemukan manfaat ini Bunda, seperti yang dikutip dari laman Express.
Jadi, para peneliti meninjau informasi kesehatan dari delapan penelitian yang dilakukan antara 1986 dan 2009 di Australia, China, Norwegia, Jepang, dan AS serta satu penelitian multinasional, Bunda.
Tinjauan tersebut mencakup catatan kesehatan untuk hampir 1,2 juta wanita (usia rata-rata 25 saat melahirkan pertama) dan menganalisis hubungan antara menyusui dan risiko kardiovaskular individu ibu.
"Kami mengumpulkan informasi, misalnya, tentang berapa lama wanita menyusui selama hidup mereka, jumlah kelahiran, usia saat melahirkan pertama dan apakah wanita mengalami serangan jantung atau stroke di kemudian hari atau tidak," kata Lena Tschiderer, Ph.D., seorang peneliti postdoctoral di Medical University of Innsbruck, seperti yang dilansir dari laman Newsroom.
Apa saja hasil dari penelitian itu ya, Bunda? Nah, berikut ini beberapa hasilnya Bunda.
- Sebanyak 82 persen wanita melaporkan bahwa mereka pernah menyusui pada suatu waktu dalam hidup mereka.
- Jika dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah menyusui, wanita yang melaporkan menyusui selama hidup mereka memiliki 11 persen risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.
- Selama masa tindak lanjut rata-rata 10 tahun, wanita yang menyusui pada suatu waktu dalam hidup mereka memiliki kemungkinan 14 persen lebih kecil terkena penyakit jantung koroner; 12 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita stroke; dan 17 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit kardiovaskular.
- Wanita yang menyusui selama 12 bulan atau lebih selama hidup mereka kemungkinan memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit kardiovaskular jika dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui.
- Tidak ada perbedaan mencolok dalam risiko penyakit kardiovaskular di antara wanita dari berbagai usia atau menurut jumlah kehamilan.
Sementara itu, WHO merekomendasikan agar ibu menyusui selama enam bulan, para peneliti tidak memberikan berapa lama waktu yang optimal untuk menyusui supaya mendapatkan perlindungan terbaik dari beberapa penyakit ini, Bunda.
Klik, di halaman selanjutnya ya, Bunda.
Simak juga video tentang langkah mencegah stroke di usia muda.
RISIKO STROKE DAN PENGOBATANNYA
Halaman Selanjutnya
Simak video di bawah ini, Bun:
Blind Ranking, Seberapa Challenging Jadi Bunda Menyusui
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
Benarkah Menyusui Bisa Menurunkan Risiko Kanker Payudara?
Bunda Perlu Tahu, 5 Manfaat Menyusui bagi Kesehatan
Studi: Menyusui Dapat Tekan Risiko Stroke pada Ibu
Jarang Terungkap 9 Manfaat Menyusui untuk Bunda & Buah Hati
TERPOPULER
Dea Annisa Tampil Cantik Berhijab saat Honeymoon usai Nikah
Apa Itu COVID-19 PQ.16.1.1, Varian Baru yang Dipantau WHO
Potret Terbaru Zahra Mariam Bolkiah Anak Pangeran Mateen, Wajah Menggemaskan Curi Perhatian
Cara Membuat Bola Ubi Kopong Anti Gagal, Renyah di Luar Lembut di Dalam
Cara Mengenali Orang yang Kesepian Secara Mental dan Emosional dari Obrolan Sehari-hari
REKOMENDASI PRODUK
5 Rekomendasi Scalp Serum untuk Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
7 Ide Hiasan 17 Agustus 2026 Kemerdekaan yang Unik dan Menarik
Annisa KarnesyiaREKOMENDASI PRODUK
5 Wajan & Panci untuk Kompor Listrik Induksi, Awet & Anti Lengket
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
7 Rekomendasi Susu UHT untuk Ibu Hamil
Amrikh PalupiREKOMENDASI PRODUK
7 Aksesori Anak untuk Karnaval Kemerdekaan 17 Agustus, Bikin Makin Gemas
Annisa KarnesyiaTERBARU DARI HAIBUNDA
Nyeri Punggung dan Panggul saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Potret Terbaru Zahra Mariam Bolkiah Anak Pangeran Mateen, Wajah Menggemaskan Curi Perhatian
Apa Itu COVID-19 PQ.16.1.1, Varian Baru yang Dipantau WHO
Dea Annisa Tampil Cantik Berhijab saat Honeymoon usai Nikah
Cara Membuat Bola Ubi Kopong Anti Gagal, Renyah di Luar Lembut di Dalam
FOTO
VIDEO
DETIK NETWORK
-
Rekomendit
Blender Bisa Berhenti Sendiri? Ketahui tentang Cosmos Blenz CB-812 GC 2 Liter
-
Beautynesia
Tes Kepribadian: Gambar Pilar atau Pria yang Pertama Kamu Lihat? Ini Maknanya!
-
Female Daily
Coba 6 Menu Spesial Hari Kemerdekaan di Bacha Coffee!
-
CXO
Turnamen Voli SBY Cup 2026 di Magelang 13-17 Mei, Ada LavAni-Samator
-
Wolipop
Silsilah Keluarga Ha Young Dianggap Problematik, Minta Maaf Lewat Surat
-
Mommies Daily
8 Rekomendasi Parfum Remaja Tahan Lama untuk Cuaca Panas, Awet Seharian