sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Tidak Keluar Hingga 2 Hari Usai Melahirkan? Ini 5 Cara Mengatasinya Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 19 Apr 2022 11:35 WIB
Mother breastfeeding newborn baby in hospital ward, first breastfeeding caption

Jakarta - Menjelang hari H persalinan, seorang ibu tentu sudah membayangkan pertama kali menggendong Si Kecil dalam pelukannya dan mulai menyediakan kebutuhan paling dasar untuk Si Kecil yaitu ASI.

Namun, memang tahap menyusui tidak semudah yang dibayangkan ya Bunda. Tak sedikit pula, terutama para ibu baru, yang mengalami kesulitan ketika harus menyusui untuk pertama kalinya.  Bahkan, ada ibu yang mengalami payudaranya tidak menghasilkan ASI bahkan setelah dua hari melahirkan. Wah rasanya pasti cemas sekali ya.

bagi sebagian ibu menyusui, harapan ini bisa menjadi sumber kecemasan jika suplai ASI mereka tidak segera keluar beberapa hari setelah melahirkan. Jika mengalami hal ini, Bunda tidak perlu menyerah dan berkecil hati karena ada banyak hal yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi masalah ini.


Lalu, apa penyebab ASI tidak keluar dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini, ya Bunda.

Banner Tanda Janin LaparBanner Tanda Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Penyebab ASI belum keluar meski sudah 2 hari melahirkan

Ada banyak alasan yang dapat berkontribusi pada keterlambatan produksi ASI. Perlu Bunda ingat bahwa hanya karena ASI Bunda tertunda bukan berarti itu tidak akan keluar sama sekali, mungkin hanya membutuhkan waktu sedikit lebih lagi.

Selama beberapa hari pertama setelah melahirkan, payudara Bunda menghasilkan susu pertama yang kental dan kaya, yang disebut kolostrum. Sekitar 2-5 hari setelah melahirkan, kolostrum mulai bercampur dengan ASI matang, ini disebut ASI transisi.

Melansir dari laman Johns Hopkins Medicine, terkadang seorang ibu memiliki kondisi kesehatan tertentu yang dapat menunda produksi ASI untuk sementara waktu, biasanya terlihat antara 3-5 hari setelah kelahiran. Para Bunda yang mengalami hal ini, mungkin tidak mulai memproduksi susu dalam jumlah besar sampai 7-14 hari setelah melahirkan.

Jika hal ini terjadi pada Bunda, tidak perlu berkecil hati. Bunda tetap dianjurkan untuk sering menyusui Si Kecil, meskipun Bunda juga perlu memberinya susu formula selama beberapa hari.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan ASI Bunda tidak keluar beberapa hari setelah melahirkan, seperti berikut ini:

1. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon apa pun yang dibutuhkan dalam menyusui dapat memengaruhi produksi ASI. Kondisi ini dapat memengaruhi laktasi meliputi diabetes atau diabetes gestasional, kondisi terkait dengan kelenjar hipofisis, dan masalah tiroid.

2. Obat-obatan

Beberapa obat termasuk obat herbal juga dapat memengaruhi kapan Bunda memproduksi ASI dan seberapa banyak. Salah satunya adalah obat kontrasepsi yang diminum pada minggu-minggu awal setelah melahirkan.

Mother breastfeeding her newborn baby girl. Baby happy while drinking milk from mother's breast. Vintage color tone.ASI Tidak Keluar Hingga 2 Hari Usai Melahirkan? Ini 5 Cara Mengatasinya Bun./ Foto: iStock

3. Kista ovarium gestasional

Ini adalah kista yang dapat terbentuk selama kehamilan dan menghasilkan tingkat testosteron yang tinggi. Hal ini dapat menekan produksi ASI, artinya ASI Bunda tidak mencukupi setelah melahirkan.

4. Obesitas

Kelebihan berat badan dapat berdampak negatif pada respons prolaktin dalam tubuh saat Si Kecil mengisap. Hal ini dapat menunda permulaan produksi ASI.

5. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ini memengaruhi kadar hormon pada sekitar 15 persen wanita, ini dapat menyebabkan tingginya kadar hormon pria, menstruasi yang tidak teratur, dan kista pada ovarium. Ini juga dapat mengganggu produksi semua hormon yang membantu memproduksi ASI.

6. Melakukan operasi payudara sebelumnya

Wanita dapat menjalani operasi payudara karena berbagai alasan tertentu. Mungkin Bunda pernah menjalani implan untuk pembesaran, atau pengurangan ukuran. Semua ini berpotensi mengganggu jaringan payudara dan areola. Ini juga bisa mengganggu produksi ASI.

Lalu, bagaimana cara mengatasi ASI Bunda yang tidak keluar? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Simak juga yuk video tentang 4 faktor penghambat keluarnya ASI saat bayi baru lahir.

[Gambas:Video Haibunda]



ASI Tidak Keluar Hingga 2 Hari Usai Melahirkan? Ini 5 Cara Mengatasinya Bun/5 CARA MENGATASI ASI YANG TIDAK KELUAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!