sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tanda Anak Sudah Siap Disapih, Kenali ya Bun agar Enggak Galau Lagi

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 18 Apr 2022 07:10 WIB
Ilustrasi bayi atau balita minum susu caption

Jakarta - Menyapih anak setelah masa menyusui memang menimbulkan kegalauan ya Bunda. Tak jarang, sudah disapih beberapa hari, Bunda merasa tidak tega dan akhirnya lanjut menyusui kembali. Agar tak maju mundur, perhatikan tanda anak siap disapih terlebih dahulu yuk.

Menurut Kelly Bonyata, IBCLC, seorang konsultan laktasi, penyapihan yang baik sedianya terjadi ketika seorang anak tidak lagi memiliki kebutuhan untuk disusui secara nutrisi atau emosional.

"Bayi yang menyapih sendiri biasanya berusia lebih dari satu tahun dan mendapatkan sebagian besar nutrisinya dari makanan padat, minum dengan baik dari cangkir, dan mengurangi menyusui secara bertahap," ujarnya seperti dikutip dari laman Kellymom.


Jika anak benar-benar siap disapih pada waktunya sendiri, sebagian besar akan melakukannya antara tahun ke-2 dan ke-4. Beberapa di antaranya akan menyapih sebelum waktu tersebut dan beberapa mungkin setelahnya.

Banner Nikita Willy MelahirkanBanner Nikita Willy Melahirkan/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Kelly menyarankan, sebaiknya dalam menyapih anak, Bunda menghindari adanya penyapihan secara mendadak ya, Bunda. Dengan berhenti secara tiba-tiba, bisa sangat menyusahkan baik bagi Bunda dan juga bayi yang dapat menyebabkan saluran tersumbat, infeksi payudara, atau bahkan abses payudara. 

Selain itu, tingkat hormon juga cenderung turun drastis menyebabkan perubahan suasana hati, depresi, dan lainnya. Sangat jarang memang penyapihan tiba-tiba diperlukan. Karenanya, carilah waktu yang tepat dan biarkan anak disapih dengan bertahap.

Melansir Todaysparent, jika Bunda membiarkan proses penyapihan terjadi secara alami, anak akan memberi tahu dengan sendirinya bahwa mereka siap untuk disapih.

Little infant baby lying on mothers hand drinking milk from bottle. Newborn baby drinking milk from bottle. Cute toddler with milk bottle on leg of mother.Tanda anak sudah siap disapih/ Foto: iStock

Berikut ini beberapa tanda anak siap disapih yang bisa dijadikan panduan ya, Bunda:

1. Bayi lebih jarang menyusu

Banyak anak menyapih diri sendiri karena mereka lebih tertarik untuk menjelajahi dunia di sekitar mereka. Saat mereka makan lebih banyak makanan padat, perut mereka mungkin terlalu penuh untuk sesi menyusui. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 5 cara menghentikan ASI tanpa rasa sakit.

[Gambas:Video Haibunda]



GALAU MENYAPIH ANAK? PERHATIKAN TANDA ANAK SIAP DISAPIH BERIKUT, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!