sign up SIGN UP search


menyusui

Sudah Rajin Memompa tapi ASI Sulit Keluar, Kenapa ya Bun?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 30 Apr 2022 11:20 WIB
Mother holding a baby and bottle with breast milk for breastfeeding at foreground, mothers breast milk is the most healthy food for newborn baby caption

Jakarta - Sudah berjuang keras memompa, tetapi ASI tak mau keluar. Sedih banget deh rasanya kalau begini. Cari tahu yuk, penyebab ASI tak mau keluar saat dipompa apa saja sih!

Menurut Jeanne Cygnus, IBCLC, RLC, seorang spesialis laktasi, berapa banyak ASI yang dapat busui pompa sebenarnya bergantung pada kondisi busui itu sendiri.

Termasuk kapan Bunda memompa, usia bayi, dan apakah Bunda memompa di tempat menyusui terpisah dari bayi saat bekerja atau apakah Bunda memompa di luar jam menyusui dengan penuh waktu. Ini semuanya dapat berkaitan dengan bagaimana hasil yang didapatkan lho.


Secara umum, jika Bunda hanya mendapatkan tetesan-tetesan minim atau ASI dalam jumlah yang sangat sedikit saat memompa, tetapi payudara Bunda masih terasa berat dan penuh setelah memompa selama 10-15 menit, sangat mungkin Bunda hanya mengalami kesulitan untuk mengeluarkannya.

Banner 9 Tanda Kepala Janin di Bawah9 Tanda Kepala Janin di Bawah/ Foto: annisa shofia/HaiBunda

"Dalam hal ini, mungkin dapat membantu dengan bereksperimen menggunakan kecepatan berbeda dalam pompa ASI yang digunakan. Jika Bunda melakukan ini, penting untuk menggunakan pengaturan yang nyaman bagi Bunda. Lebih banyak isapan tidak berarti lebih banyak ASIP yang dihasilkan. Hisapan yang terlalu kuat hingga Bunda mengalami nyeri justru bisa menurunkan aliran ASI. Pastikan menggunakan ukuran yang memungkinkan ruang puting bergerak yang dapat membantu secara signifikan," ujarnya seperti dikutip dari laman The Bump.

Young mother hands holding full plastic breast pump bottle. Closeup. Preparing milk for baby feeding. Front view.Sudah Rajin Memompa tapi ASI Sulit Keluar, Kenapa ya Bun? / Foto: Getty Images/iStockphoto/FotoDuets

Di sisi lain, jika ASI mengalir dengan baik untuk waktu yang singkat dan payudara terasa lembut serta terkuras setelah dipompa, ini mungkin merupakan masalah suplai ASI secara keseluruhan. Ada banyak cara untuk meningkatkan suplai ASI dan mungkin akan membantu jika Bunda bekerja sama dengan konsultan laktasi.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk video tentang penyebab produksi ASI turun.

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB ASI TAK MAU KELUAR SAAT DIPOMPA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!