sign up SIGN UP search


menyusui

10 Manfaat Belimbing untuk Ibu Menyusui, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 27 Apr 2022 13:41 WIB
Ilustrasi buah belimbing caption
Jakarta -

Buah belimbing memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk Bunda menyusui nih. Buah berwarna kuning ini juga dapat menjadi alternatif camilan sehat lho.

Di tabel nilai gizi seimbang dari Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), belimbing masuk dalam tabel jenis buah di panduan diet seimbang. Menurut tabel buah, satu porsi buah belimbing mengandung 80 kalori.

Bentuk dan jenis belimbing cukup beragam. Di Indonesia, kita mengenal dua jenis belimbing, yakni belimbing berbentuk bintang besar dan belimbing wuluh yang bentuknya kecil.


Belimbing ukuran besar biasanya bisa langsung dikonsumsi kalau sudah matang atau berubah menjadi kuning. Sementara belimbing wuluh lebih sering digunakan untuk bumbu masak karena rasanya yang asam, meski sudah matang.

Nutrisi buah belimbing

Manfaat buah belimbing terletak pada kandungan nutrisinya. Buah ini memiliki kandungan vitamin A, C. dan E yang bermanfaat untuk kesehatan selama hamil.

Selain itu, buah berwarna kuning kehijauan ini juga mengandung beragam mineral, seperti kalium, magnesium, sodium, kalsium, dan fosfor. Kandungan utama di buah ini yang cukup terkena adalah serat.

Dikutip dari Medical News Today, buah belimbing juga mengandung serat makanan larut dan tidak larut. Serat larut dalam air akan membentuk zat seperti gel. Sedangkan serat tidak larut akan menciptakan gumpalan besar yang membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan mudah.

Buah BelimbingIlustrasi Buah Belimbing/ Foto: iStock

Buah belimbing untuk ibu menyusui

Sejauh ini, belum banyak penelitian yang menjelaskan efek buruk buah belimbing bagi Bunda menyusui. Artinya, buah ini aman dikonsumsi selama Bunda mengASIhi Si Kecil ya.

Meski begitu, Bunda ini bisa menyebabkan efek pada kesehatan bila dikonsumsi mentah. Belimbing mentah mengandung kadar oksalat yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan sakit perut atau muntah.

Bunda yang memiliki masalah ginjal juga perlu membatasi asupan buah belimbing ya. Pada beberapa orang, buah belimbing dapat menyebabkan komplikasi neurologis dan memperparah masalah ginjal.

"Bagi beberapa orang dengan penyakit ginjal kronis, makan buah belimbing bisa sangat berbahaya dan mungkin berakibat fatal. Siapapun dengan masalah ginjal harus berkonsultasi dengan dokter sebelum makan buah ini," kata ahli diet Amy Richter, RD.

MenyusuiIlustrasi Menyusui/ Foto: iStock

Manfaat buah belimbing untuk ibu menyusui

Nah, berikut 7 manfaat buah belimbing untuk ibu menyusui, seperti melansir dari berbagai sumber:

1. Mengatasi masalah di saluran pencernaan

Buah belimbing dipercaya bisa menyembuhkan beberapa masalah di saluran pencernaan secara efektif, Bunda. Konsumsi buah ini bisa membantu mengobati diare, gangguan lambung, dan sembelit.

2. Melancarkan buang air kecil (BAK)

Sering buang air kecil (BAK) sering terjadi setelah Bunda melahirkan. Tentunya, hal tersebut dapat menganggu proses menyusui.

Bunda dapat makan buah belimbung untuk melancarkan BAK karena buah ini mengandung air yang memiliki efek diuretik. Sejak zaman dulu, buah ini dipercaya bisa melancarkan BAK dan mencegah infeksi saluran kemih (ISK), Bunda.

3. Mengatasi stres

Stres dapat dialami Bunda baru yang pertama kali mengurus anak. Untuk mengatasinya, Bunda bisa makan buah belimbing sebagai camilan menyusui nih. Buah belimbing bisa membatu mengatur hormon yang menyebabkan stres.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Buah belimbing mengandung vitamin C yang bisa menjaga daya tahan tubuh Bunda agar tak gampang sakit saat menyusui. Vitamin C bekerja untuk memastikan tingkat sel darah putih cukup untuk sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C yang tinggi di buah ini juga dapat memberikan asupan antioksidan yang cukup, Bunda. Antioksidan tak cuma menjadi imun booster, tapi juga efektif menghambat oksidasi dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

5. Meredakan sakit tenggorokan

Buah belimbing memiliki sifat anti-inflamasi. Salah satu menfaatnya adalah dapat meredakan sakit tenggorokan nih.

Bunda bisa minum jus belimbing untuk mencairkan dahak di tenggorokan. Belimbing dapat menjadi pilihan untuk mengobati masalah perapasan.

6. Menjaga kesehatan mata

Belimbing merupakan sumber alami vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Makan buah ini selama menyusui tak hanya menyehatkan mata, tapi juga bisa melindunginya dari infeksi dan gangguan fungsi melihat.

Kandungan vitamin A di buah ini juga bisa meningkatkan ketajaman penglihatan lho. Salah satu belimbing yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan mata adalah jenis belimbing wuluh.

7. Mengontrol kadar gula darah

Ahli nutrisi kebugaran, Malia Frey, mengatakan bahwa buah-buahan segar seperti belimbing dapat digunakan untuk manajemen diabetes. Serat dalam buah belimbing bisa memperlancar pencernaan makanan dan mencegah lonjakan gula darah, Bunda.

Selain itu, buah belimbing juga dapat mencegah berkembangnya resistensi insulin dalam tubuh.

"Memasukkan buah belimbing dalam menu makan dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan menjaga gula darah tetap terkendali," kata Frey, dilansir Very Well Fit.

8. Kesehatan jantung

Buah belimbing mengandung kalium dan kalsium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung ibu menyusui. Kalium di buah belimbing dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Sedangkan kandungan kalsiumnya dapat meredakan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

9. Kesehatan kulit dan rambut

Kandungan antioksidan di buah belimbing bisa bikin kulit bercahaya lho, Bunda. Kandungan antioksidan ini seperti asam galat dan quercet, yang menunjukkan sifat anti-inflamasi dan antihistamin.

Tak cuma untuk kesehatan kulit, buah ini juga dapat memperbaiki sel-sel rambut yang rusak.

10. Merangsang produksi ASI

Buah belimbing disebut bisa merangsang produksi ASI nih, Bunda. Buah ini dapat meningkatkan produksi ASI dengan meningkatkan sekresi hormon.

Simak juga 5 manfaat buah kelengkeng untuk ibu menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!