sign up SIGN UP search


menyusui

7 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Ibu Menyusui, Bisa Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 21 Apr 2022 11:20 WIB
Buah Kelengkeng caption
Jakarta -

Kelengkeng adalah buah manis yang banyak ditemukan di Indonesia. Buah ini ternyata memiliki segudang manfaat lho untuk ibu menyusui, Bunda.

Buah kelengkeng memiliki bentuk dan isi yang mirip buah leci. Namun, bentuk kelengkeng lebih kecil dan kulit buahnya lebih halus dari leci.

Tak cuma soal bentuk, rasa kedua buah tersebut juga berbeda. Begitupun dengan kandungan nutrisinya.


"Buah kelengkeng dan leci adalah sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Namun, kandungan vitamin dan mineral di kedua buah ini tak cukup tinggi. Tapi leci memiliki sedikit mineral," kata ahli diet Natalie Butler, R.D., L.D., dilansir Healthline.

Nutrisi buah kelengkeng

Menurut USDA National Nutrient Database, buah kelengkeng mengandung beberapa vitamin dan mineral. Berikut nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah kelengkeng:

  • Kalori 60 kkal
  • Karbohidrat 15,14 gram
  • Serat 1,1 gram
  • Lemak 0,1 gram
  • Protein 1,31 gram
  • Vitamin C 84 miligram
  • Vitamin B1 0,03 miligram
  • Vitamin B2 0,14 gram
  • Vitamin B3 0,3 miligram
  • Tembaga 0,17 miligram
  • Kalium 266,0 miligram
  • Mangan 0,05 miligram
  • Magnesium 10,0 miligram
  • Fosfor 21,0 miligram
  • Zat besi 0,13 miligram
  • Zinc 0,05 miligram
  • Kalsium 1,0 miligram
Ibu menyusuiIlustrasi Ibu menyusui/ Foto: iStock

Buah kelengkeng untuk ibu menyusui

Bunda boleh mengonsumsi buah kelengkeng selama menyusui. Tapi, jangan berlebihan ya.

Melansir dari Baby Ment, buah kelengkeng dapat menimbulkan panas di dalam tubuh. Jika efek ini diteruskan ke bayi melalui ASI, maka dapat menyebabkan panas di dalam tubuh bayi. Akibatnya, bayi bisa sembelit, Bunda.

Bila khawatir untuk mengonsumsi buah ini selama menyusui, Bunda dapat konsultasikan dulu ke dokter atau konsultan laktasi ya.

Manfaat buah kelengkeng

Buah kelengkeng memiliki segudang manfaat untuk Bunda yang lagi menyusui nih. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 7 manfaat buah kelengkeng untuk ibu menyusui:

1. Memenuhi asupan vitamin C

Vitamin C dibutuhkan selama menyusui untuk menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang sakit. Vitamin C juga merupakan komponen antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, Bunda.

Nah, kandungan vitamin C ini banyak ditemukan di buah kelengkeng. Kandungan vitamin C di buah ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan meningkatkan masa penyembuhan luka. Mendapatkan vitamin C dari sumber alami juga bisa berkontribusi menjaga kesehatan jantung.

2. Mengontrol tekanan darah

Kelengkeng mengandung kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Beberapa ilmuwan percaya bahwa ketidakseimbangan kalium dalam tubuh menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami tekanan darah tinggi.

Seperti kita tahu, tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit stroke. Seseorang yang mengonsumsi cukup kalium dalam makanannya, memiliki risiko stroke yang lebih rendah.

3. Meningkatkan memori

Buah lengkeng bersifat nootropik, yakni obat alami yang bisa meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah lengkeng dapat bermanfaat bagi otak.

Kandungan di buah ini bekerja pada bagian struktur otak yang membantu memproses ingatan, Bunda. Pada akhirnya, buah ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Longan fruits over palm leaves on rattan background. Copy space. Dimocarpus longan. Bunch of exotic longans. Tropical food conceptBuah Kelengkeng/ Foto: Getty Images/iStockphoto/jchizhe

4. Membantu metabolisme nutrisi

Kelengkeng mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3. Vitamin ini sangat penting untuk tubuh karena dapat membantu metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak dalam tubuh, Bunda.

Vitamin B1 atau tiamin dapat mengembalikan stamina Bunda selama menyusui karena membatu konversi karbohidrat menjadi glukosa di dalam tubuh. Vitamin B2 atau riboflavin dikenal dapat memecah zat gizi dalam tubuh. Sedangkan vitamin B3 dapat mengontrol kadar kolesterol.

5. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi di buah ini dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, Bunda. Buah kelengkeng bermanfaat untuk mengatasi masalah pigmentasi kulit, menghilangkan noda, garis-garis halus, kerutan di wajah, serta mengurangi kerusakan oksidatif pada kulit.

Selain itu, buah kelengkeng juga dapat membantu dalam pembentukan kolagen. Salah satu protein ini berfungsi dalam pembentukan sel-sel kulit baru dan menjaga kulit tetap sehat.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Bunda biasanya sulit tidur pulas karena menyusui buah hati. Padahal, tidur berkualitas dibutuhkan agar tubuh tetap fit dan terhindari dari penyakit.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, Bunda bisa makan buah kelengkeng nih. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa ekstrak kelengkeng mungkin memiliki aktivitas ansiolitik, yang dapat memperpanjang waktu tidur.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, daging buah dan jaringan di biji kelengkeng dipercaya bisa memberikan efek menenangkan dan meningkatkan kualitas tidur.

7. Mencegah anemia

Kandungan zat besi juga diperlukan tubuh selama menyusui. Zat besi dapat membantu merangsang produksi sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi darah, Bunda.

Mengutip laman Medical News Today, zat besi berfungsi mempertahankan banyak fungsi vital dalam tubuh, termasuk energi, sistem pencernaan, kekebalan tubuh, dan pengaturan suhu tubuh. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia defisiensi besi.

"Manfaat zat besi sering dilupakan sampai akhirnya seseorang tidak mendapatkan cukup zat besi. Anemia defisiensi besi dapat menyebabkan kelelahan, jantung berdebar, kulit pucat, dan sesak napas," kata ahli nutrisi dan diet, Megan Ware, RDN, L.D.

Simak juga 5 manfaat timun suri untuk Bunda menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!