sign up SIGN UP search


menyusui

Masih Perlukah Busui Pumping untuk Stok ASI Perah Selama Mudik Lebaran?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 01 May 2022 11:36 WIB
Islamic mother and newborn baby in the hospital. caption

Jakarta - Perjalanan mudik, baik dengan transportasi umum maupunĀ moda transportasi pribadi menjadi tantangan tersendiri bagi ibu menyusui. Apalagi, kalau harus menyusui langsung ataupun memompa ASI selama perjalanan.

Lantas, bagi para ibu bekerja yang butuh stok ASIP, masih perlukah busui pumping untuk stok ASIP, Bunda?

Warna warni mudik memang selalu jadi pengalaman tersendiri ya, Bunda. Tidak saja bagi orang secara umum tetapi juga para pejuang ASI. Apalagi, kalau perjalanan mudik diwarnai kemacetan panjang. Hmm, rasanya deg-degan juga menjaga keseimbangan mood dan produksi ASI agar tetap stabil.


Bagi Bunda yang menjalani mudik, hal ini memang perlu dipersiapkan sebaik mungkin ya, Bunda. Tidak saja menyoal bagaimana Bunda perlu menyusui Si Kecil selama perjalanan mudik tetapi juga bagaimana Bunda yang rutin memompa ASI karena bekerja tetap terjaga stok ASI-nya.

Banner 40 Ciri Hamil40 Ciri Hamil/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Dr Sarah Audia Hasna, Konselor Laktasi dari Brawijaya Clinic Kemang dan Kosambi Maternity and Children menjelaskan pemerahan ASI selama perjalanan mudik dapat disesuaikan dengan moda transportasinya ya, Bunda.

"Jadi tergantung moda transportasinya apa. Kalau misalnya transportasi pribadi biasanya lebih nyaman ya, dan lebih memudahkan untuk busui untuk memerah ASI," ujar dr Sarah kepada HaiBunda melalui pesan singkat, baru-baru ini.

Dr Sarah menambahkan sebenarnya kalau busui ini kondisinya setiap hari dengan bayinya dan menyusui langsung, enggak perlu dia sepanjang perjalanan memerah ASI. Karena, busui tersebut bisa langsung menyusui ke bayinya ya, Bunda.

Ibu dan BayiHendak Mudik, Masih Perlukah Busui Pumping untuk Stok ASIP?/ Foto: Getty Images/iStockphoto

"Sementara itu, berbeda kasus ketika kondisinya busui itu menyusui langsung tetapi dia juga bekerja, busui bisa pumping di jam-jam khusus. Seperti misalnya di malam hari, dini hari, atau saat tiba di lokasi tujuan mudik. Jadi, perlu dilihat dulu berapa jam perjalanan yang akan ditempuh," jelas dr Sarah.

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Saksikan juga video tentangĀ 9 barang yang wajib dibawa busui saat mudik Lebaran.

[Gambas:Video Haibunda]



STOK MUDIK, MASIH PERLUKAN BUSUI PUMPING UNTUK STOK ASIP?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!