sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Mampet saat Sedang Mudik, Apa yang Sebaiknya Dilakukan Busui?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 02 May 2022 11:20 WIB
Little baby boy with her muslim mom inside car going for a trip caption

Jakarta - Keriuhan dalam perjalanan mudik memang kerap tak terhindarkan ya, Bunda. Enggak cuma mengganggu kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan psikis. Termasuk juga para busui nih yang kerap mengalami permasalahan seputar menyusui. Salah satunya ASI mampet saat sedang mudik, apa yang harus dilakukan ya, Bunda?

Di balik bahagianya mudik, memang terselip perjuangan melewati perjalanannya ya, Bunda. Berawal dari urusan packing yang sudah menyita waktu dan energi. Belum lagi kemacetan panjang yang harus dilalui dengan kesabaran.

Bagi ibu menyusui, hal ini  memang tidaklah mudah ya, Bunda. Apalagi, menjaga keseimbangan mood dan produksi ASI di tengah situasi yang kurang kondusif. Tentunya jadi tantangan tersendiri. 


Tetapi, apa pun warna warni perjalanan mudik, memang semuanya perlu dihadapi dengan rona bahagia, Bunda. Sehingga, urusan menyusui dan pasokan ASI tetap aman tanpa hambatan. 

Banner 40 Ciri Hamil

Memang, sebagian busui mungkin kerap kesulitan melewati fase perjalanan mudik. Tak jarang, hal itu justru berdampak pada pasokan ASI. Termasuk masalah ASI mampet saat sedang mudik.

Kondisi tersebut mungkin bukan hal yang mudah dilalui. Hal pertama yang pastinya muncul tentu kepanikan dan stres yang kemudian menyusul menghadapi kondisi tersebut.

Little baby boy with her muslim mom inside car going for a tripASI Mampet saat Sedang Mudik, Apa yang Sebaiknya Dilakukan Busui?/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

dr Sarah Audia Hasna, Konselor Laktasi dari Brawijaya Clinic Kemang dan Kosambi Maternity and Children menyarankan dalam kondisi tersebut sebaiknya busui menghadapinya dengan santai dan tetap dibawa happy.

"Yang penting dibawa enjoy saja, dibawa happy, terutama bayi itu dibuat senyaman mungkin ya. Bunda dapat membawakannya banyak mainan. Terus, kalau bayi Bunda sudah MPASI, Bunda bisa membawakan juga makanan-makanan atau camilan,"ujar dr Sarah kepada HaiBunda melalui pesan singkat, baru-baru ini.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 9 barang yang wajib dibawa busui saat mudik Lebaran.

[Gambas:Video Haibunda]



STOK ASI MAMPET SAAT SEDANG MUDIK, APA YANG HARUS DILAKUKAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!