sign up SIGN UP search


menyusui

Beda Ketahanan ASI Perah Baru dan yang Sudah Dicairkan di Suhu Ruangan

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 04 May 2022 07:10 WIB
Mother is pouring milk from breast milk storage bags to baby bottle with measuring scale,  Breast Pumping milk concept. selective focus. caption

Jakarta - ASI perah memang memiliki daya tahan tertentu saat di suhu ruangan. Ini tentunya berbeda dengan ASI perah yang diletakkan di freezer yang bisa tahan hingga berbulan-bulan.

Seringkali, setelah memompa ASI, stok tersebut tak langsung disimpan karena ingin digunakan kemudian. Entah ASI perah tersebut memompa di tempat kerja atau pun di rumah, seringnya busui tak langsung memasukkannya ke kulkas supaya bisa langsung diberikan pada buah hati.

Permasalahannya, ASI perah yang diletakkan di suhu ruangan memiliki masa ketahanan atau waktu penggunaan yang relatif singkat. The American Academy of Pediatrics (AAP) menyetujui bahwa menyimpan ASI pada suhu kamar atau di suhu 25 derajat celcius dapat bertahan hingga empat jam nih, Bunda.


Jadi, Bunda sebaiknya tidak lagi memberikan ASI perah yang di simpan di luar ruangan lebih dari 4 jam. Sehingga tidak khawatir kualitas di dalam ASI jadi rusak.

Terkait dengan alasan ASI dapat disimpan dengan aman di suhu ruangan untuk waktu yang lebih lama dari pendapat sebelumnya, ternyata dengan alasan bahwa ASI memiliki banyak karakteristik antibakteri yang melekat.

"ASI mengandung antibodi alami sehingga aman untuk disimpan lebih lama daripada Bunda menyimpan susu formula pada suhu kamar," ujar Molly O'Shea, MD, dokter anak dari Goldfish Swim School seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Ashley Gerogakopoulos, IBCLC, Direktur Laktasi di Motif Medical setuju dan menjelaskan bahwa ASI memiliki beberapa komponen utama yang melindungi dan memungkinkannya tetap aman selama beberapa jam di suhu ruangan.

"ASI mengandung leukosit bersama dengan enzim yang mencegah pertumbuhan jamur, virus, dan bakteri yang tidak diinginkan," kata Gergakopoulos.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk mengetahui cara simpan ASI perah yang ideal.

Nah, simak dalam video di bawah ini yuk cara menyimpan ASI perah yang benar:

[Gambas:Video Haibunda]



BEDA KETAHANAN ASI PERAH BARU DAN YANG SUDAH PERNAH DICAIRKAN DAN DIMASUKKAN KULKAS KEMBALI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!