sign up SIGN UP search

menyusui

5 Penyebab Bayi Cuma Mau Menyusu di Satu Payudara dan Cara Mengatasinya

Kinan   |   Haibunda Minggu, 08 May 2022 11:21 WIB
Menyusui Penyebab bayi hanya mau menyusu di satu payudara/ Foto: iStock

Jakarta - Saat menyusui, biasanya Bunda akan bergantian memberikan kedua sisi payudara agar bayi kenyang. Tapi bagaimana jika bayi cuma mau menyusu di satu payudara saja?

Sering kali kebiasaan ini bergantung pada kenyamanan dan kondisi masing-masing Bunda dan Si Kecil. Namun dikutip dari Very Well Family, bayi cuma mau menyusu di satu payudara saja umumnya tidak menjadi masalah, terutama jika Bunda memiliki suplai ASI yang cukup.

Bayi, terutama yang baru lahir, mungkin akan mengalami masa di mana ia lebih memilih satu sisi payudara saja dibandingkan sisi lainnya. 


Bahkan saat ditawari sisi payudara yang ia 'tolak', bayi menunjukkan tanda-tanda seperti rewel, menarik diri atau benar-benar tidak mau menyusu sama sekali.

Dikutip dari Baby Centre, bayi baru lahir mungkin menolak salah satu payudara karena lebih sulit untuk melakukan pelekatan karena alasan tertentu. Misalnya, payudara yang ditolak mungkin lebih besar atau memiliki perbedaan bentuk pada puting.

Banner Cerita Fabel SederhanaCerita Fabel Sederhana/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Penyebab bayi cuma mau menyusu di satu payudara

Ada beberapa kemungkinan faktor penyebab bayi cuma mau menyusu di satu payudara, misalnya seperti:

1. Persediaan ASI melimpah

Saat Bunda memiliki suplai ASI yang melimpah, menyusui di satu sisi setiap menyusui (atau bahkan sisi yang sama untuk beberapa kali sesi menyusui berturut-turut) dapat membantu memperlambat produksi ASI di sisi yang lainnya.

Payudara dengan suplai ASI melimpah juga dapat memicu bengkak, sehingga membuat bayi sulit melakukan pelekatan. 

2. Bayi kolik

Dalam beberapa kasus (terutama jika Bunda memiliki suplai ASI melimpah), menyusui pada kedua payudara dapat menyebabkan gejala kolik. 

Perhatikan jika bayi tampak rewel, kembung, berat badan bertambah dengan cepat, dan buang air besar berwarna hijau, menyusui hanya di satu sisi payudara mungkin dapat membantu meringankan gejala ini.

3. Kurang suplai ASI

Ketika salah satu sisi payudara suplai ASI-nya lebih sedikit, bayi juga akan mengalami kesulitan untuk mengisap dan kenyang. Ia pun lebih memilih untuk menyusu di satu sisi saja, yang dirasanya dapat membuat kenyang dan lebih nyaman.

Apa lagi penyebab bayi hanya mau menyusu di satu payudara saja? Simak di halaman selanjutnya!

Bunda, sudah tahu apa saja faktor yang memengaruhi lama bayi menyusu? Lihat dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



EFEK JIKA BAYI HANYA MAU MENYUSU DI SATU PAYUDARA, AWAS BISA PENGARUHI PENAMPILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!