sign up SIGN UP search


menyusui

Ingin Diet tapi Masih Menyusui? Bisa kok Bunda, Berikut Panduannya

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Selasa, 10 May 2022 11:24 WIB
Young Asian woman received a box full of colourful and fresh organic groceries ordered online by home doorstep delivery. She is planning to cook a healthy meal in the kitchen at home. Healthy eating lifestyle caption

Jakarta - Saat melihat tubuh setelah melahirkan, rasanya tak sabar ya Bunda untuk segera mengembalikannya ke ukuran tubuh normal seperti sebelum hamil dan bersalin.

Ukuran tubuh pasca persalinan juga membuat Bunda harus melakukan beberapa penyesuaian nih. Baju yang Bunda kenakan otomatis menyesuaikan dengan fisik Bunda saat ini ya. Itulah mengapa Bunda sudah ingin kembali ke ukuran tubuh semula. Salah satunya agar tidak menambah budget pakaian baru ya, Bunda. 

Tidak jarang Bunda juga melakukan beberapa hal nih untuk mengembalikan ukuran tubuh, selain berolahraga mungkin Bunda juga melakukan diet ya. Masalahnya sedang menyusui nih, apakah aman ya melakukan diet sementara sedang menyusui? Si Kecil kan sedang butuh asupan nutrisi ASI, apa bisa nutrisi ASI Si Kecil terpenuhi saat Bunda melakukan diet? 


Jangan khawatir, Bunda. Bunda tetap bisa diet sehat sembari menyusui kok jika Bunda melakukannya sesuai panduan. Si Kecil terjamin nutrisinya, Bunda juga bisa pulih ke ukuran semula. Lantas seperti apa dietnya? Yuk kita lanjutkan, Bunda. 

Banner Dongeng Anak Sebelum Tidur

Tips diet sehat saat menyusui

Mengutip dari Kellymom terdapat 6 panduan diet sehat untuk Bunda menyusui sebagai berikut:

1. Tunggu sampai Si Kecil berusia dua bulan

Sebaiknya, Bunda menunda terlebih dahulu program diet sampai Si Kecil berusia dua bulan atau lebih. Ini akan memberi tubuh Bunda cukup waktu untuk memasok ASI yang sehat yang tidak terpengaruh oleh pembatasan asupan kalori yang Bunda lakukan.

Apalagi, menyusui Si Kecil rata-rata membakar 200-500 kalori per hari dari yang dibutuhkan untuk mempertahankan berat badan. Sehingga, tanpa program penurunan berat badan pun, Bunda sudah membakar kalori ekstra lho.

Breastfeeding baby near crip. Pretty mother holding her newborn child. Mom nursing baby. Beautiful woman and new born relax at home in nursery interior. Blond mother breast feeding baby.Ingin Diet tapi Masih Menyusui? Bisa kok Bunda, Berikut Panduannya/ Foto: iStockphoto

2. Menyusui Si Kecil tanpa batas waktu

Berdasarkan penelitian, lebih sering menyusui Si Kecil dalam waktu lebih dari enam bulan dapat meningkatkan penurunan berat badan Bunda ya.  

3. Konsumsi setidaknya 1.500-1.800 kalori per hari

Saat menyusui, Bunda hindari mengonsumsi kurang dari 1.500-1.800 kalori per hari. Usahakan Bunda tetap mengonsumsi makanan berkalori sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Karena, bila kekurangan dapat memengaruhi produksi ASI Bunda.

Yuk, lanjut ke halaman berikutnya Bunda.

Saksikan juga yuk video tentang waktu yang tepat busui lakukan diet. 

[Gambas:Video Haibunda]



KONSISTEN DAN HINDARI SOLUSI INSTAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!