sign up SIGN UP search


menyusui

Ketahui yuk Penyebab Bayi Enggan Minum ASI Perah

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 09 May 2022 18:32 WIB
A Pretty baby girl drinks water from bottle lying on bed. Child weared diaper in nursery room. caption

Jakarta - ASI memang jadi asupan bernutrisi lengkap untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil. Tetapi, ada kalanya sebagian busui merasa kesulitan memberikan ASI perah untuk bayinya. Hmm, kira-kira apa sih, penyebab bayi tak mau minum ASI perah. Cari tahu yuk, Bunda.

Saat bayi tak mau minum ASI, tentu sebagai orang tua jadi khawatir ya Bunda. Apalagi, biasanya bayi aman saja menyusu langsung. Tetapi, kenapa saat disodorkan ASI perah karena Bunda mau kembali bekerja justru bayi menolak.

Memang, banyak faktor penyebab bayi tak mau minum ASI perah ya, Bunda. Apalagi, penolakan yang tiba-tiba tentu membuat busui khawatir karena bayi bisa tak terpenuhi nutrisinya secara maksimal.


Ya, menyelesaikan masalah menyusui memang bisa terasa luar biasa ya, Bunda. Terkadang, ada begitu banyak hal yang harus dilakukan dan Bunda perlu menemukan cara terbaik mengatasi permasalahan menyusui dengan segenap waktu dan energi.

Menurut Melissa A Kurke, RN, IBCLC, ketika bayi menolak minum ASI tidak berarti mereka perlu disapih ya, Bunda. Sering kali, beberapa penyebab umum memang melatarinya.

"Misalnya saja bayi memiliki ketidaknyamanan atau rasa sakit di bagian tertentu seperti sariawan atau pun lainnya," ujarnya seperti dikutip dari laman Mayo Clinic.

Tak hanya itu, terkadang bayi yang menolak minum ASI juga karena merasa stres atau mengalami gangguan. Misalnya, karena perpisahan yang lama dari busui menyebabkan kerewelan dan akhirnya menolak minum ASI perah.

A detail shot of cute baby drinking milk from bootleKetahui yuk Penyebab Bayi Enggan Minum ASI Perah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Topalov

Tidak jarang, penolakan bayi minum ASI juga karena aroma atau rasa yang tidak biasa dari ASI itu sendiri. Sering kali, perubahan bau karena sabun, parfum, losion, atau deodoran baru dapat menyebabkan bayi kehilangan minat minum ASI.

Kemudian, perubahan rasa ASI yang membuat bayi menolak meminumnya juga bisa dipicu makanan yang Bunda konsumsi, obat-obatan, menstruasi, dan lainnya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 4 cara menyimpan ASI yang benar:

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB BAYI ENGGAN MAU MINUM ASI PERAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!