sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Booster: Pengertian, Manfaat, dan 5 Contoh Makanan ASI Booster Alami

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 15 May 2022 07:10 WIB
Ilustrasi ibu menyusui makan oatmeal Ilustrasi ASI Booster alami/Foto: Getty Images/hobo_018
Jakarta -

Seorang bayi yang baru lahir akan memperoleh nutrisi melalui ASI yang diberikan oleh Bunda. Di mana ASI menjadi makanan utama selama enam bulan pertama kehidupan seorang Si Kecil.

Tak heran bahwa seorang Bunda akan berusaha untuk menjaga produksi ASI mereka tetap melimpah dengan melakukan beberapa aktivitas atau mengonsumsi makanan sebagai ASI booster alami. Tapi sebelumnya, apakah sudah tahu apa yang dimaksud dengan ASI booster?

Apa itu ASI booster?

ASI booster adalah sebuah sebutan untuk makanan atau minuman tertentu yang memiliki khasiat dan dipercaya dapat memperlancar kualitas dan kuantitas produksi ASI seorang ibu menyusui. ASI booster bisa berasal dari makanan alami dan ada pula yang dibentuk dalam bentuk suplemen.


Banner 5 Tanda Janin MeninggalBanner 5 Tanda Janin Meninggal/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Sumber makanan ASI booster alami

Berikut sumber makanan ASI booster alami yang bisa Bunda coba:

1. Buah-buahan

Buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan, tidak terkecuali untuk pemenuhan gizi dan sebagai ASI booster alami. Buah yang dapat dijadikan sebagai asi booster adalah kurma, jeruk, pisang, pepaya hijau, melon, alpukat, stroberi, dan bluberi.

2. Sayuran

Veggie drawer in the fridgeSayuran/ Foto: Getty Images/iStockphoto/gyro

Sayuran hijau kaya akan kandungan gizi, serat, senyawa bioaktif hingga fitoestrogen yang terbukti mampu membantu meningkatkan produksi dan kualitas ASI secara alami. Contoh sayuran yang dapat Bunda konsumsi sebagai ASI booster antara lain daun katuk, sawi, kangkung, bayam, brokoli, buncis, jamur.

3. Kacang atau biji-bijian

Beberapa jenis kacang atau biji-bijian yang dipercaya sebagai makanan asi booster alami adalah kedelai,
fenugreek, barley, almond. Aneka kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung kalsium, protein, zat besi, vitamin K, vitamin B dan merupakan sumber lemak esensial yang dapat dijadikan ASI booster atau makanan laktogenik.

4. Ikan

Ikan Kembung, Kembung Fish or Mackerel Fish on wooden chopping board.Ikan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti

Ikan terkenal sebagai salah satu sumber protein hewani yang ternyata juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Contoh ikan yang dapat dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui yaitu ikan salmon yang memiliki kandungan protein, omega 3, vitamin D, vitamin B12, hingga asam lemak.

Selain ikan salmon, ternyata ikan gabus juga dapat menjadi alternatif sumber makanan ASI booster alami. Ikan gabus diketahui memiliki kandungan yang mampu meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin sebagai hormon yang memproduksi ASI dalam tubuh.

5. Oatmeal

Sebagai salah satu jenis biji-bijian, oatmel juga diandalkan sebagai ASI booster. Oatmeal dapat Bunda olah atau campurkan dan padukan dengan beberapa toping lainnya seperti buah, susu, cookies, granola untuk dijadikan resep ASI booster alami.

Oatmeal kaya akan kandungan zat besi sekitar 2 mg untuk setiap sajian per cangkir atau mangkok. Besaran ini sudah mampu memenuhi sekitar 20 persen kebutuhan zat besi harian seorang ibu menyusui.

Itulah beberapa rekomendasi sumber makanan yang bisa menjadi alternatif pilihan ASI booster alami. Hal yang paling utama dan penting adalah tidak semua jenis makanan yang disebutkan harus dikonsumsi semuanya ya, Bun. Asalkan gizi yang Bunda asup seimbang dan cukup untuk memenuhi kebutuhan energi dan kalori yang hilang pada tubuh setiap harinya. (PK)


Simak juga video berikut mengenai penyebab sakit kepala hebat kala Bunda menyusui. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!