sign up SIGN UP search


parenting

Mulai Kuning Cerah hingga Kehijauan, Ketahui Arti Setiap Warna Urine Bayi

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 06 May 2022 20:00 WIB
Father change diaper to baby boy on baby changing table caption

Jakarta - Meski sekilas tampak biasa, warna urine bayi ternyata bisa berbeda-beda lho. Bunda bisa memperhatikan perbedaan itu saat menggantikan popok Si Kecil. 

Urine bayi memang terlihat mirip dengan urine orang dewasa. Adapun urine bayi baru lahir yang sehat memiliki warna kuning muda sampai gelap. Warna yang lebih gelap menunjukkan urine pekat yang mungkin menandakan Si Kecil mengalami dehidrasi.

Urine Si Kecil mungkin memiliki warna yang sedikit berbeda-beda seiring dengan berjalannya waktu. Banyak warna yang benar-benar normal dan tidak perlu Bunda khawatirkan, sedangkan warna lain mungkin menunjukkan adanya masalah dengan Si Kecil.


Untuk membantu Bunda mengenali arti dari warna urine yang dikeluarkan oleh Si Kecil, yuk, simak penjelasan berikut ini.

Banner 40 Ciri Hamil40 Ciri Hamil/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Warna kuning muda ke kuning tua

“Urine biasanya berwarna kuning,” kata Dr Danelle Fisher, MD, FAAP, dan Ketua Pediatri di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, dikutip dari laman Romper.

Bunda, urine berwarna kuning muda itu artinya Si Kecil sehat. ini berarti Si Kecil mendapatkan cukup makanan dan buang air kecil secara teratur. Meskipun bayi yang sehat dapat memiliki urine berwarna kuning tua, warna ini juga dapat menunjukkan Si Kecil perlu mengonsumsi lebih banyak cairan agar tetap tehidrasi, ya Bunda.

Perlu diingat bahwa bayi di bawah 6 bulan hanya boleh minum ASI atau susu formula agar tetap terhidrasi. Begitu Si Kecil berusia 6 bulan, Bunda sudah bisa mulai memperkenalkannya air putih dalam jumlah sedikit, ya Bunda.

Ilustrasi popok bayiMulai Kuning Cerah hingga Kehijauan, Ketahui Arti Setiap Warna Urine Bayi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan_Jovic

Warna kuning gelap

Urine berwarna kuning gelap biasanya tidak menjadi masalah, urine yang terlihat lebih gelap dan berbau lebih kuat dari biasanya terkadang bisa menjadi tanda dehidrasi, apalagi jika disandingkan dengan gejala dan perilaku lainnya.

“Bayi yang mengalami dehidrasi mungkin akan menangis tanpa air mata dan mungkin memiliki bibir dan lidah yang lengket daripada lembab,” kata Dr. Kelly Fradin, MD, rekan dari American Academy of Pediatrics (AAP), dokter anak, dan penulis buletin Advice I Give My Friends.

Bayi yang mengalami dehidrasi biasanya lebih lelah dan ‘down’ dibandingkan dengan bayi yang terhidrasi dengan baik.

Untuk tahu arti warna lain dari urine bayi, simak di halaman berikutnya ya.

Tengok juga yuk video tentang cara cegah infeksi saluran kemih pada bayi:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
WARNA MERAH, MERAH MUDA, HIJAU, HINGGA ORANYE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!