sign up SIGN UP search


menyusui

Galau Berikan ASIP Lama atau Baru? Kenali Konsep FIFO dan LIFO Yuk, Bunda

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 27 May 2022 14:53 WIB
breast milk in plastic bags on refrigerator shelf, frozen mother milk  for infant, breastfeeding caption

Jakarta - Stok ASI perah (ASIP) yang berlimpah memang perlu diatur sedemikian rupa ya, Bunda. Terkadang hal ini membuat beberapa bunda galau, mengenai ASI perah mana yang sebaiknya diberikan pada anak terlebih dahulu.

Apakah harus mengeluarkan ASIP lama atau justru yang baru diperah terlebih dahulu? Yuk, kenali konsep FIFO dan LIFO dalam manajemen penyimpanan ASIP.

Sama halnya dengan konsep manajemen berbisnis, di mana metode FIFO dan LIFO dapat membantu pebisnis mengatur barang masuk dan keluar maka dalam mengatur stok ASIP pun, konsep tersebut dapat dilakukan.


FIFO sendiri merupakan kepanjangan dari First in First Out di mana Bunda dapat mengeluarkan stok terdahulu sehingga stok ASIP lama lebih cepat habis dan tidak kadaluarsa. Sementara pada manajemen LIFO atau Last in First Out berlaku bahwa stok yang baru masuk dikeluarkan terlebih dahulu. 

Banner 5 Buah yang Baik untuk Pertumbuhan Janin

Mengenai metode penyimpanan tersebut, Bunda pun dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Mengingat ASI juga memiliki daya tahan berbeda sesuai dengan penyimpanannya, sehingga Bunda pun dapat menyesuaikannya masing-masing.

"Tidak ada yang ingin memberikan ASIP bayinya dalam kondisi yang kurang optimal. Berapa lama ASI bertahan tergantung di mana Bunda menyimpannya," ujar Julie Morgan Vaughn, seorang konsultan laktasi di Vancouver, seperti dikutip dari laman Forbes.

Misalnya saja ASIP yang disimpan di freezer memiliki daya simpan yang lebih panjang. Bahkan, bisa mencapai 12 bulan meski seiring waktu kualitas ASI tentu menurun. Idealnya, Bunda perlu menggunakan stok ASIP di freezer dalam waktu tiga hingga enam bulan untuk kualitas dan rasa terbaik. Saat digunakan untuk menyimpan ASIP, pastikan freezer dalam kondisi suhu yang lebih dingin sesuai standar penyimpanan ya.

Mengacu pada daya simpan yang berbeda-beda sesuai media simpannya, ada baiknya memang Bunda menggunakan metode FIFO saat mengelola stok ASIP di rumah ya, Bunda.

Klik di halaman selanjutnya ya, untuk manajemen penyimpanan ASIP baik dengan metode FIFO maupun LIFO di halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Simak cara simpan ASI perah yang benar seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENYIMPAN ASI PERAH DAN PERTIMBANGAN PAKAI YANG LAMA ATAU BARU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!