sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Kolostrum Keluar Sebelum Melahirkan, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Khesedtov Bana   |   Haibunda Rabu, 01 Jun 2022 13:55 WIB
CIRI ASI KOLOSTRUM SUDAH KELUAR, BUNDA PERLU TAHU
Sitting on a chair in the living room, the new mom watches as her baby boy breastfeeds. caption

Cara tahu kolostrum keluar atau tidak

Mungkin Bunda penasaran, apakah payudara Bunda sudah pernah mengeluarkan kolostrum atau belum. Ciri sederhananya adalah, Bunda bisa memeriksa bagian pakaian dalam apakah terdapat bekas kecil berwarna kekuningan.

Jika iya, maka itu tanda tubuh Bunda sudah memproduksi kolostrum.

Apa yang harus dilakukan ketika kolostrum keluar?

Jika Bunda menyadari adanya air susu yang keluar saat masa kehamilan, tidak perlu panik. Mungkin Bunda akan merasa kaget dan bingung, namun kejadian ini sangat lah normal dan umum terjadi pada masa kehamilan.


Bunda mungkin juga mempertanyakan, apakah kolostrum yang keluar menandakan banyak atau sedikitnya ASI yang akan diproduksi setelah melahirkan? Jawabannya, tidak, Bunda. Kolostrum yang keluar tidak mempengaruhi jumlah ASI untuk Si Kecil nantinya. Jumlah produksi ASI setiap orang akan berbeda-beda.

Ciri-ciri kolostrum keluar

Jika kolostrum yang keluar, terlalu banyak sehingga membuat Bunda tidak nyaman. Bunda bisa menggunakan bantalan menyusui pada pakaian dalam, untuk membantu menyerap kolostrum yang berlebih.

Warna putih kekuningan menandakan kolostrum yang normal. Jika Bunda mengalami kolostrum berwarna merah (darah), Bunda harus segera menghubungi dokter, ya! 

Selain dari itu, perubahan payudara yang membesar, mengencang, terasa nyeri, dan mengeluarkan kolostrum sangatlah normal.

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!