sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Memijat Payudara Tanpa Rasa Nyeri agar ASI Lancar, Bisa Dilakukan Sendiri Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 09 Jun 2022 07:11 WIB
CARA PIJAT PAYUDARA TANPA BIKIN NYERI, INTIP PANDUANNYA BUN!
Young mother breastfeeding  her newborn baby boy at home caption

Sebelum mempraktikkanya, pastikan kondisi di rumah kondusif dan bayi sedang tenang atau tertidur setelah menyusu sehingga Bunda tidak perlu terburu-buru melakukannya.

1. Langkah pertama

Nah, hal pertama yang perlu Bunda lakukan yakni mulai dengan memijat setiap payudara dengan gerakan melingkar lalu tangan Bunda dapat bergerak dari puting susu ke arah luar payudara. Sangat penting untuk bekerja pada satu payudara pada satu waktu dan tanpa menambahkan terlalu banyak tekanan terutama jika Bunda mulai merasa nyeri.

2. Langkah kedua

Kemudian, pindahkan ke ketiak dan tepi luar payudara, bergerak ke atas menuju sendi bahu untuk membantu detoksifikasi kelenjar getah bening dan membuka saluran yang tersumbat. Hal ini tentu dapat memberikan ketenangan dan sensasi rileks saat Bunda menyusui sekaligus juga membantu melancarkan produksi ASI ya, Bunda.


3. Langkah ketiga

Selain di bagian tersebut, Bunda juga dapat memberikan juga pijatan di bahu, leher sebelum berpindah ke tulang dada. Setelah itu, akhiri dengan pijatan di tengah tulang dada dalam lingkaran searah jarum jam yang lambat.

Itulah panduan cara pijat payudara yang bisa dipraktikkan ya, Bunda. Semoga informasinya membantu, Bunda.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!