sign up SIGN UP search


menyusui

6 Langkah Bersihkan Setiap Bagian Pompa ASI agar Tak Sebarkan Bakteri Berbahaya

Khesedtov Bana   |   Haibunda Minggu, 12 Jun 2022 11:20 WIB
Sanitizing the baby things in UV Sterilizer and dryer, new technology for sanitize the baby things by UV Light. caption
Jakarta -

Jakarta - Menyusui merupakan proses intim yang diinginkan setiap ibu setelah melahirkan. Memberi ASI merupakan bentuk kasih yang bisa Bunda beri sedari dini. ASI juga memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan dan tumbuh kembang Si Kecil.

Salah satu keajaiban yang terjadi pada tubuh Bunda saat memiliki anak payudara yang memproduksi ASI . Pasca melahirkan, payudara Bunda akan terasa memenuh ketika produksi ASI sudah siap untuk menyusui. Untuk membuat produksi ASI senantiasa lancar, salah satu caranya adalah dengan memompa ASI sehingga tersedia stok ASI yang cukup untuk Si Kecil.

Bagi ibu baru, kegiatan memompa ASI bisa berlangsung setiap beberapa jam sekali karena payudara yang mudah penuh. Bunda pun membutuhkan perlengkapan pompa ASI yang mumpuni.


Untuk itu, penting untuk memperhatikan kebersihan tiap-tiap bagian pompa. Sebab jika pompa ASI tidak bersih, ditakutkan dapat menyebarkan bakteri pada bagian payudara dan kepada anak.

Menjaga pompa ASI agar tetap higienis dilakukan sebelum dan setelah digunakan, ya Bunda. Sebelum menggunakan pompa ASI, Bunda baiknya mencuci tangan dengan air dan sabun terlebih dahulu.

Banner Bumil dan Janin LaparBumil dan Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Setelah itu ketika memasang bagian pompa ASI, Bunda harus memerhatikan bagian tabung pompa apakah kotor atau bahkan berjamur. Jika berjamur, segera ganti tabung pompa.. Jika Bunda gunakan pompa ASI bersama secara bergantian, Bunda disarankan untuk membersihkan dengan menggunakan tisu disinfektan.

Menjaga kebersihan pompa ASI setelah digunakan

Nah, setelah setiap penggunaan pompa ASI, setidaknya ada beberapa langkah yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga kebersihan, yakni :

1. Menyimpan susu

Simpan ASI dengan menggunakan botol susu atau kantong susu yang dapat ditutup. Beri label tanggal dan waktu kapan ASI dipompa, dan simpan ASI pada freezer.

2. Membersihkan pompa ASI

Jika, pompa ASI yang digunakan Bunda merupakan pompa ASI bersama, baiknya Bunda bersihkan area tombol power, bagian atas pompa dengan tisu disinfektan.

3. Memisahkan bagian-bagian pompa ASI

Bunda harus melepaskan bagian tabung dan memisahkan tiap bagian pompa ASI yang bisa dilepas dan memiliki kontak dengan ASI secara langsung.

4. Mencuci pompa ASI

Cuci bagian pompa yang terhubung dengan payudara, serta bagian-bagian pompa ASI yang terkena ASI secara langsung di bawah air mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa ASI yang ada.

Kita lanjut ke halaman berikutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips mengatur jadwal pumping agar stok ASI aman.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMBERSIHKAN SETIAP BAGIAN POMPA ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!