sign up SIGN UP search


menyusui

Berapa Lama sih Biasanya Waktu Normal untuk Menyapih Si Kecil?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 28 Jun 2022 13:45 WIB
WAKTU YANG NORMAL UNTUK MASA MENYAPIH SI KECIL
Motherhood Exhaustion Concept. Tired young mom breastfeeding baby and working on laptop at home, feeling frustrated, free space caption

Kemudian, Bunda juga dapat menunda penyapihan saat anak sedang tidak enak badan. Misalnya, saat anak sakit, tumbuh gigi, dan lainnya. Bunda dapat menunda penyapihan sampai kondisi Si Kecil kembali fit.

Atau, penundaan penyapihan juga bisa dilakukan ketika terjadi agenda besar dalam keluarga. Misalnya, saat keluarga pindah rumah atau situasi penitipan anak berubah. Karena, hal ini dapat membuat anak stres. 

Kemudian, Bunda dapat melakukan penyapihan secara perlahan yang dapat menyebabkan suplai ASI perlahan berkurang serta mengurangi risiko pembengkakan. 


Bunda juga dapat menyapih Si Kecil dan melatihnya menggunakan botol atau langsung ke cangkir. Saat memperkenalkan anak pada botol, pilihlah waktu ketika mereka tidak terlalu lapar sehingga mereka lebih sabar.

Gunakan dot dengan aliran lambat pada awalnya. Jika Bunda memilih dot botol dengan aliran cepat, anak akan terbiasa dengan itu dan merasa frustrasi dengan kecepatan aliran ASI yang berbeda selama menyusui.

Mengenai waktu menyapih anak, sedianya penyapihan dapat memakan waktu berhari-hari, berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Bahkan, setelah berhasil menyapih anak dari menyusui, Bunda dapat terus menyusui di pagi hari dan sebelum tidur untuk menjaga perasaan kedekatan tersebut.

Itulah beberapa info mengenai penyapihan anak ya, Bunda. Semoga informasinya membantu, Bunda.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!