sign up SIGN UP search


menyusui

Viral Bunda Campur ASI Perah Dingin & Susu Formula, Amankah untuk Bayi?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 03 Jul 2022 10:55 WIB
KATA DOKTER TENTANG ASI PERAH DINGIN DICAMPUR SUFOR
Mother is pouring milk from breast milk storage bags to baby bottle with measuring scale,  Breast Pumping milk concept. selective focus. caption

Dokter Spesialis Anak, dr.Melisa Anggraeni, M.Biomed, Sp.A, mengatakan bahwa idealnya suhu ASI yang diberikan ke bayi adalah sama dengan suhu ASI yang keluar dari payudara Bunda. Suhu tersebut adalah hangat, yakni tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas.

"ASI yang keluar dari payudara itu keluar dengan suhu hangat. Oleh karena itu, ketika kita memberikan ASI perah, senatural atau semirip mungkin dengan direct breastfeeding, jadi memang idealnya ASI harus dihangatkan dulu," kata dokter Melisa saat dihubungi HaiBunda, belum lama ini.

"Jadi benar-benar hangat, dipastikan suhu sekitar 32 sampai 37 derajat celsius suhu ASI, tidak terlalu panas atau dingin. Kita mengupayakan ASI perah sama dengan ASI langsung yang keluar dari payudara ibunya. Nah, kalau dipompa saja hangat, jadi sebaiknya yang masuk juga hangat."


ASI perah yang dapat diberikan ke bayi minimal suhu ruangan. Sebelum memberikan ke bayi, Bunda dapat merendam di air mengalir lalu dihangatkan dengan direndam air hangat.

"Sebenarnya memang ASI perah dari freezer itu direndam di air dingin mengalir, tetapi harus dilanjutkan dengan dihangatkan di air hangat. Tujannya supaya benar-benar bisa meng-clear-kan mana yang foremilk atau hindmilk. Tapi, ASI perah bisa diberikan dalam suhu lingkungan, jadi kalau dirasa cukup hangat dapat diberikan," ujar Melisa.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!