sign up SIGN UP search


menyusui

Bolehkah Mencampur ASI Perah dengan Susu Formula untuk Bayi? Simak Kata Dokter

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 04 Jul 2022 07:05 WIB
Susu Formula caption
Jakarta -

Bunda mulai memberikan ASI perah dan susu formula untuk Si Kecil? Sebaiknya pahami dulu manajemen pemberian ASI perah yang benar ya.

Keputusan memberikan ASI perah biasanya dilakukan para Bunda yang mulai bekerja. Tapi, memerah ASI juga disarankan untuk menjaga kualitas ASI, Bunda.

Cara memberikan ASI Perah yang aman

ASI yang sudah diperah dapat disimpan di dalam wadah khusus. Kemudian, ASI perah didinginkan dalam freezer atau lemari es.


Penggunaan ASI perah harus tepat setelah dikeluarkan dari freezer. Bunda tidak bisa mencampurkannya bersama susu formula untuk diberikan pada Si Kecil.

Banner Makanan Penyebab Janin Tak BerkembangMakanan Penyebab Janin Tak Berkembang/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

ASI Perah tak boleh dicampur susu formula

Dokter Spesialis Anak, dr.Melisa Anggraeni, M.Biomed, Sp.A, mengatakan bahwa ASI perah dapat dikombinasikan dengan susu formula. Tapi, keduanya tidak boleh dicampurkan dalam satu botol dan diberikan ke anak.

"Kalau dicampur satu botol tidak boleh, tetap ASI sendiri, susu formula sendiri botolnya," kata Dokter Melisa saat dihubungi HaiBunda, baru-baru ini.

Susu formula sebenarnya dapat diberikan bila ASI tidak mencukupi atau bayi masih lapar. Tapi, pemberian susu formula tetap harus dipisah dari ASI perah. Terpenting, Bunda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan keputusan yang terbaik untuk Si Kecil.

"Kalau ASI tidak mencukupi atau bayi masih lapar boleh digabung, tetapi dengan botol yang berbeda," ujar Melisa.

Alasan ASI Perah tak boleh dicampur sufor

Menurut Melisa, ASI perah tidak boleh dicampur susu formula karena alasan kesehatan. Ada risiko anak akan terkena infeksi bakteri hingga mengalami masalah pencernaan, Bunda.

Lalu apa dampaknya bila kita mencampurkan ASI perah dengan susu formula ya? Bagaimana pula cara penyajian ASI perah dan susu formula yang tepat?

Simak penjelasan lengkapnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 4 cara menghangatkan ASI perah tanpa ribet, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

RISIKO KESEHATAN MENCAMPUR ASI PERAH DAN SUSU FORMULA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!