sign up SIGN UP search


menyusui

Amankah Produk Kecantikan Berbahan Retinol untuk Ibu Menyusui?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 09 Jul 2022 10:55 WIB
Skincare and beauty concept. Portrait shot of young asian woman applying serum or essential oil on facial skin. Model in white bathrobe moisturizing derma with vitamin E, collagen and hyaluronic acid caption
Jakarta -

Menyusui mungkin akan membuat banyak Bunda sedikit terbatasi dalam berbagai rutinitas. Tidak saja dalam asupan makanan, tetapi juga urusan perawatan kulit nih.

Nah, akhir-akhir ini produk kecantikan berbahan dasar retinol memang sedang hits atau banyak diminati ya Bunda. Retinol diklaim mampu bantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, hingga kerutan. Namun, apakah produk berbahan retinol aman bila digunakan ibu menyusui?

Retinol tak direkomendasikan untuk hamil dan menyusui

Melansir Procoal, retinol menjadi salah satu bahan perawatan kulit yang paling ampuh dan sering dianggap sebagai pilihan kontroversial saat hamil atau menyusui. Ini karena ketika dioleskan dapat diserap ke dalam aliran darah dan mengakibatkan banyak efek dan masalah pada anak.


Bahan retinol juga dikhawatirkan dapat menyebabkan janin cacat lahir bila digunakan selama kehamilan. Lalu bagaimana saat Bunda menyusui? hingga kini memang belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ini tidak boleh digunakan saat menyusui. 

Akan tetapi, untuk mencegah segala risiko yang mungkin terjadi, sebaiknya busui tidak menggunakan produk berbahan retinol untuk sementara waktu sampai Si Kecil bisa disapih.

Perlu Bunda ketahui bahwa retinol sendiri memang sangat kuat efeknya, sehingga bahan ini sangat kontroversial digunakan selama kehamilan dan menyusui.

Menurut Dean Mraz Roninson, M.D, seorang dokter kulit di Westport mengatakan bahwa ada pendapat mengenai topik retinol. Disebutkan jumlah retinol yang diserap ke dalam aliran darah mungkin sangat minim, tapi tetap saja bila digunakan oleh ibu selama kehamilan dan menyusui dapat menghasilkan banyak efek pada bayi.

"Karena itu, dokter kulit umumnya tidak merekomendasikan penggunaan aktif bahan tersebut saat menyusui dan ada baiknya menghindari ya, Bunda," ujarnya seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Klik di halaman selanjutnya untuk ulasan selengkapnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 kandungan skincare yang tak aman untuk busui.

[Gambas:Video Haibunda]



BAHAN KOSMETIK LAIN YANG PERLU DIHINDARI BUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!