sign up SIGN UP search


menyusui

7 Cara Atasi Puting Berdarah saat Menyusui, Pahami juga Penyebab Utamanya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 11 Jul 2022 11:00 WIB
ibu menyusui bayi baru lahir caption
Jakarta -

Salah satu hambatan saat menyusui adalah puting yang lecet bahkan bisa saja hingga berdarah. Meski masih dianggap aman, tetap saja banyak Bunda yang merasa khawatir ASI yang diminum bayi akan bercampur darah.

Sebenarnya, apakah kondisi puting berdarah aman atau enggak selama menyusui dan apa penyebab utamanya? Simak dalam penjelasan berikut ini yuk Bunda.

Penyebab puting lecet hingga berdarah saat menyusui

Menyusui mungkin dapat membuat Bunda lebih peduli terhadap kondisi payudara daripada sebelumnya. Apalagi, berbagai perubahan dan masalah pada payudara dirasakan selama menyusui. Seperti misalnya puting payudara pecah-pecah, lecet, hingga berdarah.


Secara umum, kondisi ini memang normal terjadi ya, Bunda. Menurut La Leche League International, penyebab utama puting lecet atau berdarah yakni:

1. Pelekatan buruk

Pelekatan yang buruk atau posisi menyusui yang tidak biasa akan meregangkan puting sehingga menyebabkannya berdarah.

Jennifer Passwaters, seorang konsultan laktasi, mengatakan. "Jika pelekatan tidak tepat adalah penyebabnya, disarankan untuk menyesuaikan posisi menyusui yang lebih nyaman sehingga bayi dapat mengisap dengan lebih baik,"katanya.

2. infeksi seperti sariawan

Ketika bukan masalah pelekatan yang buruk, hal ini bisa jadi menjadi tanda infeksi ya, Bunda. Banyak juga kasus puting berdarah terjadi dikarenakan sariawan atau infeksi lain yang memunculkan gejala gatal, kemerahan di area puting, serta nyeri hebat di seluruh payudara selama dan setelah sesi menyusui, seperti dikutip dari laman Romper.

3. Kulit kering

Selain itu, puting berdarah juga bisa disebabkan karena kulit kering. Seringkali, eksim dapat menyebabkan puting sakit, merah, atau berdarah, dan dimulai dengan lepuh merah kecil yang membengkak dan mengeras yang menyebabkan puting terasa gatal dan nyeri saat menyusui.

Menjaga kulit tetap lembap dapat membantu mengurangi peradangan. Tak hanya itu, menghindari alergen seperti parfum dan pewarna juga dapat meminimalisasi hal tersebut.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab munculnya milk blister.

[Gambas:Video Haibunda]



MENGATASI PUTING BERDARAH SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!