sign up SIGN UP search


menyusui

Kurang ASI Bisa Sebabkan Bayi Terus Menangis di Malam Hari?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 10 Jul 2022 07:10 WIB
Asian baby newborn crying from diarrhea colic symptoms caption
Jakarta -

Bayi kerap menangis di malam hari karena berbagai alasan termasuk katanya yang masih merasa lapar. Lantas, bayi nangis terus malam hari, benarkah kurang ASI?

Mengasuh bayi di malam hari mungkin menjadi pekerjaan tersendiri bagi ibu menyusui. Apalagi, busui harus begadang karena terus menyusui bayinya dan belum lagi mengurus ketika bayi sedikit rewel dan terus menangis.

Melihat bayi menangis saat jam tidur khususnya di malam  hari tentu membuat ketidaknyamanan sekaligus kekhawatiran tersendiri. Dan, bayi belum bisa mengomunikasikan keinginannya. Hanya terus menangis dan menangis yang bisa mereka lakukan yang membuat busui makin bingung.


Penyebab bayi menangis di malam hari

Nah, memahami alasan paling umum bayi menangis di malam hari tentunya dapat membantu busui melakukan apa yang seharusnya dapat membantu meredakan tangisannya.

Melansir Huckeberrucare, bayi menangis di malam hari merupakan adaptasi saat beralih dari satu siklus tidur ke siklus berikutnya. Seperti halnya orang dewasa, bayi tidur dalam siklus tertentu. Tapi, tidak seperti orang dewasa, transisi bayi antara siklus tidur sangatlah cepat dan menghabiskan lebih banyak waktu dalam REM sleep (juga disebut sebagai tidur aktif) daripada tidur nyenyak.

Selama tahapan ini, Bunda mungkin melihat mata bayi banyak bergerak di bawah kelopak matanya, disebut juga dengan rapid eye movement atau REM. Bayi bahkan dapat terlihat menggerakkan tangan dan kakinya, menutup dan membuka tangan mereka, berkedut, atau bahkan menangis selama REM sleep.

Dengan siklus tidur yang berlangsung rata-rata hanya 40 menit, banyak bayi mengalami bangun singkat di akhir setiap siklus tidur. Selama momen singkat tersebut, bayi mungkin menangis selama beberapa menit dan kembali tidur atau bahkan mungkin tidak sepenuhnya terbangun.

"Alasan berikutnya bayi menangis di malam hari yakni karena bayi terlalu lelah,"ujar Amy Bassett, BA, CLC, ALC, IBCLC, RLC, seorang konsultan laktasi.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 tips mengatasi bayi yang terus menangis meski telah disusui.

[Gambas:Video Haibunda]



BAYI NANGIS TERUS MALAM HARI, BENARKAH KURANG ASI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!