sign up SIGN UP search


menyusui

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Adem Sari untuk Atasi Panas Dalam?

Melly Febrida   |   Haibunda Rabu, 13 Jul 2022 07:05 WIB
Ilustrasi wanita sakit tenggorokan caption

Ibu menyusui mengalami panas dalam? Kalau busui suka mengonsumsi Adem Sari tentu rasanya ingin menegaknya ketika mengalami keluhan seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan. Tapi, apa busui boleh minum Adem Sari?

Dalam dunia medis memang belum dikenal istilah panas dalam. Panas dalam juga bukan termasuk penyakit melainkan kumpulan gejala dari berbagai penyakit. Dan adem sari biasanya dikonsumsi untuk meredakan panas dalam tersebut.

Bolehkan busui minum Adem Sari?

Dalam Adem Sari itu mengandung ekstrak jeruk nipis dan jeruk itu identik asam. Bunda mungkin pernah mendengar bahwa asam dari buah jeruk dapat mengganggu perut bayi. Apakah jeruk aman dikonsumsi busui? 


Busui memang sebaiknya mengonsumsi makanan dari bahan alami atau buahnya langsung. Penelitian juga menunjukkan apa yang dimakan busui berdampak pada kandungan ASI-nya. Tapi, umumnya tidak ada makanan yang dilarang busui konsumsi.

"Sebenarnya tidak ada makanan yang harus dihindari oleh semua ibu menyusui. Kebanyakan ibu menyusui bisa terus mengonsumsi makanan yang biasanya mereka makan," kata konsultan laktasi bersertifikat, Lindsey Shipley, dikutip dari The Bump.

Sementara itu, Leigh Anne O'Connor, spesialis laktasi mengatakan bahwa buah jeruk sangat bagus untuk ibu menyusui karena kaya akan vitamin C. Banyak juga bayi yang tak masalah setelah Bundanya makan atau minum jeruk.

Pantau reaksi bayi

Meski banyak yang aman, busui tetap harus memperhatikan apakah ada reaksi pada bayi usai makan jeruk atau minuman yang mengandung ekstrak jeruk. 

"Jika bayi tampak sangat kesal atau tidak nyaman, atau mengalami gejala fisik yang tidak biasa (seperti diare) setelah Anda makan jeruk, cobalah hindari jeruk dari diet Anda untuk sementara waktu untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah," kata O'Connor.

Busui juga sebaiknya berkonsultasi dengan konsultan laktasi jika menduga ada reaksi negatif dari makanan tersebut. 

Manfaat jeruk untuk busui

Dalam laman Femina In, dituliskan bahwa berbagai mitos memang menyebutkan bahwa konsumsi makanan atau buah jeruk dapat mengentalkan ASI, sifat asam dari buah jeruk akan menyebabkan ASI terasa asam atau berubah rasanya menjadi tajam sehingga bayi tidak mau meminumnya.

Namun faktanya buah jeruk adalah sumber yang kaya akan vitamin C, flavonoid dan serat, dan memakannya dapat langsung meningkatkan mood, membuat busui merasa segar dan juga memberikan nutrisi penting.

Vitamin C berperan penting dalam penyembuhan luka, meningkatkan fungsi saluran cerna dan energi. Tubuh tidak membuat vitamin C dengan sendirinya, jadi asupan harian adalah wajib.

“Sehubungan dengan ibu menyusui dianjurkan untuk makan 3-4 buah per hari, di antaranya 2 buah jeruk untuk mendapatkan manfaat di bawah ini, tetapi kita juga harus ingat bahwa jumlah makanan yang berlebihan akan mengiritasi bayi, jadi ukuran porsinya harus dikontrol," kata Shivani Bavalekar, ahli gizi eksekutif senior, Cloudnine Group of Hospitals, Navi Mumbai.

Simak juga mencegah dehidrasi saat hamil di halaman selanjutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 penyebab utama dehidrasi pada bumil.

[Gambas:Video Haibunda]



MENCEGAH PANAS DALAM SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!