sign up SIGN UP search


menyusui

Selain Stres, Ini 3 Penyebab ASI Tidak Keluar setelah Melahirkan

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 20 Jul 2022 08:42 WIB
Ibu menyusui Covid-19 caption
Jakarta -

Usai melahirkan, sedianya ASI busui memang langsung keluar ya, Bunda. Tetapi, memang ada beberapa ibu menyusui yang mendapat hambatan sekaligus tantangan untuk bisa memperoleh ASI. Tak pelak, ASI yang diproduksi pun sedikit dan tak mencukupi kebutuhan SI Kecil.

Melihat banyak Bunda yang mengalami hal tersebut, kira-kira apa ya penyebab ASI tidak keluar? Simak penjelasannya di bawah ini yuk.

Kegagalan laktasi sedianya memang sangat jarang terjadi ya, Bunda. Hampir dipastikan, selalu ada susu dari setiap tubuh ibu seusai melahirkan. Namun, seberapa banyak ASI bergantung pada pemberian ASI lebih awal dan lebih sering untuk sebagian kecil wanita. 


Proses produksi ASI setelah persalinan

Selama kehamilan, plasenta memang memiliki peran penting dalam menghasilkan hormon untuk mengembangkan pabrik pembuatan susu di payudara. Setelah persalinan, plasenta terpisah dari rahim dan dikeluarkan. Hal ini menyebabkan penurunan tajam hormon progesteron yang memicu payudara untuk memulai produksi ASI sekitar 32-40 jam setelah melahirkan.

Peningkatan dari tetes kolostrum menjadi banyak ASI sering digambarkan sebagai ASI masuk. Hormon penting yang dibutuhkan untuk produksi ASI termasuk prolaktin, hormon tiroid, insulin, dan kortisol (hormon stres). Oksitosin ialah hormon lain yang memicu let down reflex (refleks pengeluaran susu) pada setiap sesi menyusui.

Biasanya, ibu akan melihat ASI keluar dalam dua sampai tiga hari setelah melahirkan. Pada waktu ini, payudara tampak penuh atau membesar menggantikan volume kecil kolostrum yang sudah ada. Pasokan ASI juga terus meningkat selama bayi atau sesi pemompaan ASI untuk mengosongkan payudara dilakukan.

Namun, jika pengeluaran ASI tak terjadi, produksi ASI akan mulai terhenti. Apa pun yang mempengaruhi hormon yang terlibat dalam pembuatan susu, proses pelepasan atau pengeluaran susu berpotensi menyebabkan keterlambatan masuknya ASI atau suplai ASI yang rendah.

Dalam kasus ASI tidak keluar, berbagai penyebab bisa melatarinya ya, Bunda. Praktik kelahiran tertentu dan beberapa kondisi medis dapat menunda kedatangan ASI. Kecil kemungkinannya tidak akan ada ASI sama sekali karena kolostrum dalam jumlah kecil biasanya sudah ada selama beberapa waktu sebelum bayi lahir.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 ASI booster alami terbaik, catat ya Bun!

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB ASI TIDAK KELUAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!