sign up SIGN UP search


menyusui

7 Persiapan agar Menyusui di Malam Hari Berjalan Lancar dan Nyaman

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 18 Jul 2022 13:50 WIB
Young beautiful woman is breastfeeding a little baby in a cozy room. On the table there is a white Cup and a green plant. On the wall hang a white empty picture frames. No images of nudity caption
Jakarta -

Menyusui di malam hari mungkin lebih menantang jika dibandingkan dengan siang hari ya, Bunda. Selain rasa lelah yang mendera, rasa kantuk pun menyertai. Yuk, cari tahu trik menyusui di malam hari agar tetap nyaman bersama buah hati.

Perjalanan menyusui bukanlah hal mudah untuk dilalui ya, Bunda. Khususnya bagi ibu baru, pengalaman ini membuat emosi jadi nano-nano. Apalagi, kalau tiba sesi menyusui di malam hari. Rasanya berat sekali karena kantuk yang tak tertahankan.

Di awal-awal, mungkin semuanya terasa berat ya, Bunda, dan menyusui tak jarang lebih sulit daripada yang diharapkan. Tetapi, seiring perjalanan, semuanya akan dirasakan biasa karena menjadi rutinitas busui.


Tak ditampik, menyusui di malam hari memang cukup sulit. Menurut National Sleep Foundation, ketika seseorang terjaga untuk waktu yang lama, homeostasis tidur/bangun memberitahukan bahwa kebutuhan tidur terakumulasi dan kapan waktunya untuk tidur. Sementara itu, jam biologis sirkadian internal mengatur kantuk dan terjaga.

Salah satu dorongan tidur terkuat terjadi antara pukul 02.00 dan 04.00 dan lebih kuat saat seseorang kurang tidur. Karena itu, dorongan dan kurang tidur dapat berkontribusi pada kesulitan menyusui di malam hari.

Mungkin, perlu waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan diri dengan jadwal tidur yang baru serta menemukan cara sepanjang hari untuk mendapatkan lebih banyak istirahat agar tidak merasa lelah, seperti dikutip dari laman Romper.

Untuk  bayi yang baru lahir, biasanya mereka tertidur baik selama atau setelah diberi makan. Ini merupakan respons alami terhadap perut penuh susu hangat. Studi bahkan menunjukkan ASI yang diekspresikan pada malam hari mengandung tingkat bahan kimia alami yang menyebabkan tidur lebih tinggi daripada di siang hari. 

"Bayi baru lahir akan merasa menyusu sangat menenangkan sehingga ini merupakan waktu yang tepat untuk menjalin ikatan dengan ibu," kata Sujay Kansagra, MD dari Duke University Medical Center, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 penyebab Bunda sering tertidur saat menyusui bayi.

[Gambas:Video Haibunda]



7 TRIK MENYUSUI MALAM HARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!