sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Memilih Suplemen Pelancar ASI Yang Paling Tepat

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 24 Jul 2022 07:10 WIB
Cropped shot of an unrecognizable teenage girl drinking medication Tips Memilih Suplemen Pelancar ASI Yang Paling Tepat/Foto: Getty Images/Tassii
Jakarta -

ASI tentulah merupakan nutrisi terbaik bagi bayi yang baru lahir. Namun memang, proses menyusui khususnya untuk ibu baru, tidaklah mudah.

Oleh sebab itu, bunda perlu mengetahui suplemen pelancar ASI yang paling tepat dan berguna untuk bunda dan Si Kecil.

Mau tahu bagaimana cara memilih suplemen pelancar ASI?


Banner Cara Tingkatkan Daya Ingat Anak

4 tips memilih suplemen pelancar ASI

Bayi yang baru lahir ke dunia memang jauh lebih baik untuk diberikan ASI. Walaupun banyak ibu yang mengalami ASI tidak bisa keluar dengan baik ketika melahirkan.

Seorang ibu perlu memberikan ASI karena nantinya dapat merangsang pengeluaran ASI. Bila ASI tidak kunjung keluar dalam waktu tiga hari, maka Anda dapat menggunakan suplemen pelancar ASI.

Bunda, berikut ini cara dan tips memilih suplemen pelancar ASI terbaik dan tepat, yang dapat Anda cari dengan ketentuan seperti berikut:

1. Suplemen pelancar ASI sudah teruji di BPOM

Hal pertama yang harus dilakukan Bunda adalah memastikan bahwa suplemen pelancar ASI ini sudah aman dan teruji di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jika sudah teruji di BPOM, maka kandungan-kandungan di dalamnya aman dan dapat digunakan sesuai dengan yang ditawarkan.

Pastikan juga bila pada kemasannya sudah mempunyai barcode BPOM yang dapat dipindai menggunakan ponsel pintar supaya Bunda akan lebih mudah mengeceknya. Tidak sedikit produsen obat yang mencantumkan sudah terdaftar di BPOM, tetapi ternyata itu hanya trik untuk bisa mendapatkan pelanggan saja.

2. Pastikan suplemen pelancar ASI memiliki kandungan yang lengkap

Pastikan jika suplemen tersebut mempunyai kandungan yang lengkap. Produk tersebut tidak hanya bagus untuk digunakan dalam melancarkan ASI tapi juga bagus untuk lebih meningkatkan kualitas dari ASI.

Semakin berkualitas ASI, maka semakin banyak nutrisi yang nantinya bisa didapatkan oleh anak. Tubuh anak akan menjadi lebih sehat, perkembangannya juga sesuai dengan usia, dan bahkan bisa lebih cerdas.

3. Pastikan suplemen pelancar ASI menggunakan bahan alami

Untuk produk-produk suplemen pelancar ASI yang bagus sebaiknya memakai bahan-bahan yang alami. Umumnya, bahan alami yang memang sudah terkenal dengan manfaatnya dalam melancarkan ASI, yaitu: daun katuk, almond, dan juga asam folat.

Jika memakai bahan kimia yang berbahaya, ditakutkan juga dapat masuk ke tubuh anak sehingga dapat menjadi pemicu pada gangguan kesehatan nantinya.

4. Memilih bentuk suplemen pelancar ASI yang mudah dikonsumsi

Pilihlah bentuk suplemen pelancar ASI yang memang mudah untuk dikonsumsi. Ada banyak sekali pilihan yang nantinya dapat Anda pilih, seperti dalam bentuk tablet, bubuk, maupun yang berbentuk sirup.

Umumnya, bentuk yang paling sering ditemukan berbentuk pil. Bentuk bubuk dan sirup sendiri memiliki beberapa rasa yang nantinya dapat Bunda pilih. Bunda dapat memilih rasa coklat, buah, dan rasa-rasa yang lainnya yang paling Anda sukai. Varian dalam bentuk tersebut akan sangat cocok buat Anda yang sulit, jika harus meminum obat dalam bentuk tablet maupun pil.

Nah, itulah 4 tips memilih suplemen pelancar ASI yang paling efektif. Sesuaikan juga dengan kebutuhan Bunda ya.(PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang suplemen ibu menyusui berikut ini:

(pri/pri)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!