sign up SIGN UP search


menyusui

5 Penyebab Puting Lecet saat Menyusui dan Cara Mengobatinya

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 25 Jul 2022 07:34 WIB
closeup woman hands self breast examination hand checking her breast cancer sign caption
Jakarta -

Puting lecet merupakan salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh para ibu menyusui, terutama di minggu-minggu awal setelah melahirkan ya.

Faktor penyebab puting lecet pun sangat beragam, baik itu karena cara menyusui yang tidak tepat hingga kemungkinan terjadinya infeksi. Puting lecet yang ringan biasanya membaik dalam waktu beberapa hari, namun dalam kondisi yang parah, masalah puting lecet membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh.

Bahkan jika dibiarkan, puting akan mengalami bengkak, berdarah hingga mengeluarkan nanah. Hal ini tentu akan membuat sang ibu merasa kesakitan dan tidak nyaman. Selain itu, kelancaran pemberian ASI pada bayi pun bisa terganggu lho Bunda.


Banner Penyebab Preeklamsia

Apa saja faktor penyebab puting lecet?

Beberapa faktor penyebab puting lecet saat menyusui di antaranya:

1. Cara menyusui yang kurang tepat

Cara menyusui yang kurang tepat merupakan penyebab keluhan puting lecet yang paling umum. Bagian puting payudara yang tidak masuk ke dalam mulut Si Kecil dengan sempurna akan menyebabkan luka pada puting apabila terus dilakukan dalam jangka waktu lama.

2. Penggunaan pompa ASI

Penggunaan pompa ASI yang salah akan mengakibatkan puting melepuh karena gesekan dari pompa.

3. Saluran susu tersumbat

Penyebab puting lecet yang selanjutnya adalah karena saluran susu tersumbat. Kondisi ini biasanya dapat dilihat dari adanya lapisan kulit tipis berwarna putih kekuningan di bagian atas saluran susu.

Saluran susu yang tersumbat akan menyebabkan ASI susah keluar sehingga Si Kecil akan menyedot lebih kuat dan menyebabkan peradangan pada puting payudara.

4. Masalah tongue-tie pada bayi

Masalah tongue-tie atau lidah terikat pada bayi juga bisa menyebabkan puting lecet karena kondisi ini membuat bayi mengalami kesulitan menghisap puting saat menyusui.

5. Terjadinya infeksi payudara

Puting lecet juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi payudara yang terjadi akibat peradangan kelenjar payudara atau bakteri dari mulut bayi.

Cara mengobati puting lecet

Berikut tips mudah mengobati puting yang lecet saat sedang menyusui:

1. Gunakan ASI

Anti bakteri yang terkandung dalam ASI akan membantu mengobati putting lecet. Oleskan beberapa tetes ASI pada area puting yang lecet dan biarkan hingga kering

2. Kompres air hangat

Kompres air hangat akan mengurangi rasa nyeri pada puting yang lecet. Rendam handuk berbahan lembut di air hangat dan kompres payudara sebelum menyusui

3. Gunakan cream atau salep

Bunda dapat dengan mudah menemukan cream atau salep untuk puting lecet di apotek. Pilihlah produk cream atau salep yang mengandung chamomile untuk mengurangi rasa nyeri dan gatal pada puting.

4. Jaga kebersihan payudara

Bunda harus memperhatikan kebersihan payudara agar terhindar dari infeksi bakteri atau jamur. Gantilah breast pad yang Bunda gunakan jika terasa sudah terlalu basah.

Jika masalah puting lecet tidak kunjung membaik setelah melakukan semua tips di atas, konsultasikan segera dengan dokter ya Bunda. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat berdasarkan penyebab puting lecet yang Bunda. (PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 solusi tepat atasi puting lecet.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!