sign up SIGN UP search


menyusui

7 Langkah Mudah Memijat Payudara agar ASI Mudah Keluar

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 16 Jul 2022 11:57 WIB
closeup woman hands self breast examination hand checking her breast cancer sign caption
Jakarta -

Pijat payudara sering kali dibutuhkan sesaat sebelum menyusui. Apalagi bila ASI kerap seret dan tak mau keluar. Yuk, cari tahu cara pijat payudara yang tepat agar ASI cepat keluar, Bunda.

Ibu menyusui kerap mencari hal-hal yang membantu mereka menghasilkan lebih banyak ASI. Itulah sebabnya, berbagai teknik sederhana kerap dicoba guna mendukung kegiatan menyusui secara maksimal.

Manfaat pijat payudara

Menurut Jennifer Jordan, Director of Mom and Baby di Aeroflow, apa pun yang mendorong pelepasan lebih banyak ASI akan membantu membangun pasokan karena ketika payudara kosong, tubuh mendapat pesan untuk membuat lebih banyak ASI.


"Pijatan payudara hanyalah alat lain untuk membantu meningkatkan aliran ASI," ujar Jordan seperti dikutip dari laman Romper.

Jordan menambahkan, cara tersebut dapat membantu meningkatkan jumlah ASI yang dipompa atau pun diberikan langsung pada bayi. Selain itu, hal ini juga membantu mengosongkan payudara secara maksimal dimana pada gilirannya mengirimkan sinyal ke tubuh untuk mulai memproduksi lebih banyak ASI.

Cara memijat payudara

Pijat payudara agar ASI cepat keluar kerap kali dibutuhkan para busui sebelum menyusui Si Kecil. Pijatan ini juga dapat dilakukan dengan cukup mudah di rumah ya, Bunda. Berikut ini tahapan langkah-langkah yang bisa dilakukan, Bunda:

1. Hangatkan tangan

Terlebih dahulu, pastikan tangan Bunda hangat. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan handuk yang dipanaskan. Setelah tangan dihangatkan dengan baik, mulailah dengan kelenjar getah bening di ketiak. Memompa kelenjar getah bening akan membuat darah mengalir.

2. Berikan pelumas

Bunda membutuhkan semacam pelumas saat melakukan pijatan. Oleskan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk membantu melumasi area yang akan dipijat seperti dikutip dari laman Parenting First Cry.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 langkah pijat payudara yang bisa dimulai sejak hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA PIJAT PAYUDARA AGAR ASI CEPAT KELUAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!