sign up SIGN UP search


menyusui

6 Obat Alami yang Ampuh Atasi Luka pada Puting Payudara saat Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 27 Jul 2022 07:23 WIB
obat puting lecet ibu menyusui 6 Obat Alami yang Ampuh Atasi Luka pada Puting Payudara saat Menyusui/Foto: Getty Images/iStockphoto/Zurijeta
Jakarta -

Kala menjalani masa menyusui, wajar bila Bunda mengalami luka pada payudara, terutama pada puting. Kondisi seperti puting lecet hingga terluka dan berdarah kerap dialami busui. Hal itu biasanya disebabkan kurangnya pelekatan dengan Si Kecil dan posisi menyusui yang tidak tepat.

Saat mengalami luka pada payudara, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya dengan menggunakan obat.

Memang kini sudah tersedia ya Bunda, beragam produk untuk mengatasi luka pada puting payudara yang biasanya berupa salep atau obat oles.


Namun, bila Bunda tak sempat atau tak ingin menggunakan produk over the counter di apotek atau toko obat, ada beberapa cara alami untuk mengobati luka pada payudara yang bisa dicoba. 

Meski obat-obatan itu diklaim aman untuk bayi, wajar saja bila Bunda tetap merasa khawatir  dan memilih cara alami. Nah, untuk itu yuk kita simak beberapa cara alami yang bisa dicoba. 

"Sebaiknya, tanyakan pada dokter jika Bunda tidak yakin obat mana yang aman dikonsumsi saat menyusui," ujar Debra Rose Wilson, Ph.D, MSN, RN, IBCLC.

Cara alami obati luka pada payudara karena menyusui

Melansir Obgynwc, beberapa pengobatan alami untuk luka di payudara juga bisa dilakukan dengan cara berikut ya, Bunda:

1. Essential oil

Salah satu yang bisa dilakukan yakni dengan penggunaan essential oil. Minyak ini memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Bunda dapat mengoleskan minyak ini secara topikal dengan mengencerkannya menggunakan minyak zaitun.

2. Vitamin C

Selain itu, Bunda juga dapat mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyembuhan luka dan membantu mengisi antioksidan di dalam tubuh. Penelitian menunjukkan vitamin C membantu mengobati infeksi.

Cara lain untuk menambahkan beberapa vitamin C dalam asupan harian yakni dengan memasukkan makanan kaya vitamin C seperti jeruk, kiwi, brokoli, paprika merah, dan lainnya, seperti dikutip dari laman Healthline.

3. Lidah buaya

Lidah buaya segar memberikan kelegaan yang menenangkan dan menjadi penyembuhan alami untuk luka di payudara. Gosokkan gel lidah buaya dari bagian dalam daun lidah buaya ke area yang terkena dan biarkan mengering.

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 tips memilih salep untuk puting lecet. 

[Gambas:Video Haibunda]



OBAT ALAMI UNTUK LUKA DI PAYUDARA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!