sign up SIGN UP search


menyusui

Beragam Curhat Viral Bunda Menyusui, Dari yang Kocak hingga Menyentuh Hati

Khesedtov Bana   |   Haibunda Kamis, 04 Aug 2022 07:10 WIB
Kisah ibu menyusui Beragam Curhat Viral Bunda Menyusui, Dari yang Kocak hingga Menyentuh Hati/Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Menyusui adalah masa yang penuh dengan berbagai cerita menarik ya Bunda. Berbeda dengan kehamilan saat Bunda berjibaku dengan beragam perubahan pada tubuh sendiri, menyusui merupakan momen Bunda akan banyak berinteraksi dan menciptakan bonding dengan Si Kecil.

Ketika melihat Si Kecil menyusu dengan lancar dan produksi ASI juga aman, hati rasanya bahagia dan tenang ya Bunda?

Namun, pada kenyataanya menyusui merupakan masa penuh dinamika, para busui pejuang ASI tentu paham di tengah jalan akan ada berbagai tantangan dalam menyusui Si Kecil.


Misalkan saja saat ASI sulit keluar atau seret, payudara bengkak, hingga puting lecet. Itu semua merupakan tantangan yang umum dialami Bunda menyusui.

Namun, semua tantangan itu seketika akan terbayarkan dengan senyum manis Si Kecil setelah kenyang menyusui atau tumbuh kembangnya yang pesat.    

Menyusui memang merupakan sebuah pengalaman tak ternilai untuk para Bunda. Maka itu, tak mengherankan bila tak sedikit yang curhat tentang pengalamannya melalui media sosial, seperti TikTok.

Beragam kisah viral Bunda menyusui di TikTok

Berikut HaiBunda telah merangkum, beberapa kisah menarik tentang menyusui dari para Bunda pejuang ASI di media sosial TikTok. Meskipun tak mengenal mereka, tapi mungkin Bunda bisa merasa relate dengan kisah-kisah di bawah ini. Simak yuk.

1. Drama rasa sakit menyusui

Kisah pertama kita buka dari momen menyusui dari akun TikTok @akufuji16, dalam video singkat berdurasi 20 detik Bunda Dyon mengungkapkan drama menyusui yang harus ia lalui setelah melahirkan.

Ia menyadari rasa sakit yang ternyata harus dialami pasca melahirkan, yaitu menyusui. Bunda Dyon merasa bagian putingnya perih seperti dicubit. Tentunya Walau penuh rintangan, drama menyusui ini harus dilewati ya Bunda untuk memberikan asupan terbaik bagi Si Kecil.

“Bukan mau nakutin, yang lebih sakit dari jahitan setelah melahirkan, ternyata waktu menyusui. Puting perih rasanya kayak dicubit, pelintir, berkali-kali,” tulis Bunda Dyon dalam unggahannya.

“Waktunya nyusuin selalu remes-remes bantal, dan nahan sakit sambil merem-merem. Tapi harus semangat nyusuin si bayi sampe 2 tahun, Bismillah,” tutup untuk memberkan motivasi.

A Japanese mother breastfeeding her baby girl in a home nursery.Ilustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

2. Operasi payudara saat menyusui bayi

Kisah berikutnya datang dari Bunda Intan. Melalui akunnya @kadekintanpratiwi, Bunda Intan membagikan kisah menyusuinya. Ia mengakui bahwa ini pengalaman terberat bagi dirinya.

Bunda Intan harus lakukan operasi setelah melahirkan lantaran ia alami mastitis. Mastitis merupakan infeksi jaringan payudara saat ibu sedang menyusui. Mastitis disebabkan oleh ASI yang menggumpal dan bakteri yang masuk ke payudara.

“Jadi ceritanya, setelah melahirkan anak pertama secara normal. Aku harus masuk ruang operasi lagi, dikarenakan payudaraku mastitis. Nggak nyangka banget dokter bilang aku terkena mastitis,” ungkap Bunda Intan dalam unggahannya.

Bunda Intan mengakui hal ini terjadi lantaran ia yang masih berstatus sebagai ibu baru, belum memahami bahwa ASI harus di pompa agar tidak menumpuk. Dari pengalamannya ini, saat dikaruniai anak kedua dan ketiga, Bunda Intan menyiapkan pompa ASI mulai dari sebelum bersalin.

3. Kesulitan lakukan pelekatan

Tentunya pengalaman Bunda ketika menyusui sangatlah beragam. Momen kehamilan, bersalin hingga menyusui memiliki keunikan tersendiri bagi setiap Bunda.

Seperti yang Bunda Andini alami, ia merasakan kesulitan lakukan pelekatan untuk menyusui Si Kecil. Pada unggahan dalam akunnya, @inianaza, Bunda Intan menuliskan apa yang ia alami awal menyusui.

“Dulu : Susah-susah belajar pelekatan menyusui yang baik dan benar,” tulisnya.

Kesulitan pelekatan yang baik dan benar pada Si Kecil dapat berakibat pada puting yang lecet, lho Bunda. Oleh sebab itu pelekatan mulut bayi dan puting harus tetap diperhatikan demi kenyamanan menyusui.

Setelah berhasil menyesuaikan pelekatan pada sang buah hati, Bunda Intan menambahkan bahwa kini buah hatinya dapat menyusui dengan bermacam posisi.

“Sekarang, sekarang gaya menyusui semau dia, sambil di selunduk,” tutupnya.

Simak kisah lainnya pada halaman selanjutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cerita Ria Ricis saat pertama kali menyusui baby R: Merasa terenyuh.

[Gambas:Video Haibunda]



HAL TAK TERDUGA SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!