sign up SIGN UP search


menyusui

Pekan Menyusui Sedunia, Ini 7 Rekomendasi Perlengkapan Menyusui Perlu Bunda Miliki

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 07 Aug 2022 16:30 WIB
Ilustrasi Menyusui caption
Jakarta -

Sejak masa kehamilan, Bunda sudah bisa melakukan persiapan menyusui ya. Salah satunya dengan membeli perlengkapan menyusui untuk Bunda dan Si Kecil.

Menyusui bisa menjadi pengalaman tak terlupakan dalam kehidupan seorang Bunda. Beberapa di antaranya bahkan harus menghadapi tantangan baru selama memberikan ASI untuk buah hatinya.

Selain mempersiapkan mental dan fisik, proses menyusui juga perlu didukung dengan perlengkapan yang sesuai. Nah, perlengkapan ini tentunya harus sesuai dengan kebutuhan.


Meski penting, Bunda juga perlu menyesuaikan finansial keluarga dalam membeli perlengkapan menyusui. Jangan sampai kita membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan ya.

"Hal lain yang perlu disiapkan adalah peralatan atau kebutuhan ibu dan bayi agar kegiatan menyusui berjalan lancar, disesuaikan dengan kemampuan finansial keluarga," tulis konselor laktasi, F.B. Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui.

Perlengkapan menyusui

Perlengkapan menyusui sudah bisa dibeli sejak Bunda hamil. Setidaknya, Bunda sudah membeli barang-barang penting yang membantu proses mengASIhi sesaat setelah melahirkan.

Nah, di Pekan Menyusui Sedunia ini, Bubun akan memberikan rekomendasi terkait perlengkapan menyusui yang wajib dimiliki Bunda nih. Apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tas untuk menyimpan peralatan menyusui

Ilustrasi MenyusuiIlustrasi Perlengkapan Menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Tas khusus untuk menyimpan peralatan menyusui dibutuhkan sejak mulai mengASIhi Si Kecil. Bunda dapat menyimpan keperluan menyusui untuk dibawa ke rumah sakit sebelum melahirkan.

Tak hanya itu, tas juga akan berguna hingga akhir masa menyusui. Bunda bisa menyimpan perlengkapan saat bepergian keluar rumah.

Nah, pilihlah ukuran tas yang tidak terlalu besar ya. Tujuannya agar Bunda bisa membawa tas ini kemana-mana dengan nyaman.

2. Bantal menyusui

Bunda dapat menggunakan bantal menyusui agar tubuh tak mudah lelah. Bantal menyusui dapat digunakan melingkar ke pinggang untuk menyangga bayi saat menyusu.

"Bantal menyusui mungkin sangat membantu untuk ibu dengan payudara besar, baru pulih dari operasi caesar, atau menyusui bayi kembar," kata konsultan laktasi Wendy Wisner, dilansir Very Well Family.

Bantal menyusui juga bisa membantu Bunda mencari posisi menyusui yang nyaman saat berbaring miring. Selain itu, perlengkapan menyusui ini juga bisa mengurangi ketegangan pada punggung, leher, bahu, dan lengan saat menyusui.

Nah, tips memilih bantal payudara yang tepat adalah bahannya tidak terlalu keras atau terlalu lembut. Carilah bahan yang dapat menopang bayi di berbagai posisi menyusui, Bunda.

Simak juga 7 rekomendasi pompa ASI yang ramah kantong, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PERLENGKAPAN MENYUSUI: BRA HINGGA POMPA ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!