sign up SIGN UP search


menyusui

Mulai dari Kuning hingga Merah, Apa Warna ASI yang Bagus untuk Bayi?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 13 Aug 2022 11:10 WIB
woman pouring milk in to bottles for new baby on wooden table caption
Jakarta -

Warna ASI kerap berubah-ubah sepanjang Bunda menyusui. Lantas, warna ASI mana yang paling bagus untuk bayi saat menyusui? Cari tahu yuk Bunda!

Menyusui merupakan topik yang tidak ada habisnya untuk dibahas ya, Bunda. Permasalahan menyusui dan juga warna warninya memang selalu muncul dan kerap menyebabkan busui merasa khawatir tapi sekaligus lega karena bisa memberikan yang terbaik untuk buah hati..

Salah satunya yakni mengenai masalah warna ASI yang bagus. Ya, berbicara warna ASI, memang sedianya kerap berubah-ubah ya, Bunda. Sering kali, ASI memang membawa rona unik yang bergantung pada sejumlah faktor.


Jika Bunda memperhatikan ASI Bunda terlihat berbeda dari yang diharapkan, memang tak ditampik kekhawatiran muncul ya, Bunda. Kekhawatiran tersebut lebih disebabkan apakah ASI yang berubah warna tersebut akan memengaruhi kesehatan buah hati atau tidak nantinya.

Perlu diingat bahwa ASI setiap orang merupakan hal yang unik ya, Bunda. Jadi, tak perlu merasa khawatir jika ASI warnanya berubah-ubah, seperti dikutip dari laman Lactationcircle.

Beragam warna ASI

ASI biasanya berwarna kuning, putih, bening, krem, cokelat, atau biru, tergantung pada tahap laktasi ya, Bunda. Namun, Bunda juga mungkin kerap dikejutkan dengan ASI yang hadir dalam warna lain sepanjang perjalanan menyusui.

Misalnya, tak jarang ASI Bunda berwarna hijau, merah mudah, atau bahkan merah tergantung pada apa yang Bunda konsumsi saat menyusui. Faktanya, warna ASI dapat berfluktuasi sepanjang hari atau bahkan dalam satu sesi menyusui.

Ketika membandingkan warna ASI dengan orang lain, hal pertama yang harus dipahami ialah tahap perjalanan menyusui yang harus dijalani. Setiap tahap ASI memiliki warna uniknya sendiri, sangat ditentukan oleh kandungan nutrisi dan lemak ASI.

ASI yang diproduksi segera setelah lahir tentunya juga sangat berbeda dengan ASI yang diproduksi bahkan beberapa minggu setelahnya. 

"ASI biasanya memang berwarna putih atau kuning muda, tetapi adakalanya Bunda dapat memompa ASI dengan warna seperti pelangi,"ujar Amanda Glen, CLC, seorang konsultan laktasi.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang merasa kualitas ASI kurang bagus? Simak penjelasan konselor laktasi.

[Gambas:Video Haibunda]



ARTI WARNA ASI MERAH DAN ORANYE. MANA YANG BAGUS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!