sign up SIGN UP search


menyusui

Kapan ASI Akan Keluar? Ketahui juga Tahap Transisi ASI setelah Melahirkan

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 21 Aug 2022 11:00 WIB
happy family mother playing and hug with newborn baby  in bed caption
Jakarta -

Setelah melahirkan, tahap selanjutnya untuk Si Kecil adalah menyusui. Dalam mempersiapkan masa menyusui ini, Bunda tentu perlu menyiapkan diri agar ASI bisa lancar keluar segera setelah bayi lahir.

Namun, waktu ASI keluar dari setiap busui mungkin berbeda satu sama lain. Jadi, kapan ASI keluar ya Bunda? Tak perlu panik berlebihan karena ASI sedianya akan keluar dengan sendirinya.

Seperti diketahui bahwa banyak faktor yang memengaruhi kapan ASI akan keluar ya, Bunda. Salah satunya yakni hormon yang memegang peran utama dalam kehamilan dan produksi susu. Selama kehamilan, aktivitas hormonal meningkat dan pada gilirannya menyebabkan kelenjar susu menghasilkan ASI. 


Namun, hal tersebut hanyalah persiapan untuk menyusui. Karena, produksi ASI yang matang dapat dimulai dalam tiga hingga lima hari setelah bayi lahir, seperti dikutip dari laman Flo.

Dijelaskan Anna Klepchukova, MD, Intensive Care Medicine Specialist, seorang ibu mulai memproduksi ASI beberapa bulan atau minggu sebelum hari perkiraan lahir (HPL). 

Salah satu tanda pertama bahwa tubuh Bunda mulai memproduksi ASI yakni payudara akan menjadi lebih penuh dan lebih berat, bahkan terkadang terasa sakit.

"Selama trimester kedua, payudara juga mulai menghasilkan kolostrum. Kolostrum merupakan makanan pertama yang dihasilkan payudara untuk bayi. Biasanya, teksturnya kental dan kekuningan serta mengandung protein dan antiobodi dalam jumlah tinggi untuk memperkuat sistem kekebalan bayi," ujarnya.

Oh ya, Bunda, payudara beberapa busui juga kemungkinan berisiko bocor selama fase kolostrum. Tak perlu khawatir karena ini sangatlah normal.

Dalam tiga hingga lima hari setelah melahirkan, payudara akan mengalami transisi saat ASI yang matang secara bertahap menggantikan kolostrum. Pada saat bayi berusia dua minggu, payudara hanya akan menghasilkan ASI yang matang.

Melansir Whattoexpect, kapan ASI akan keluar biasanya mengacu pada ASI transisi ya, Bunda. ASI transisi biasanya muncul antara kolostrum dan ASI matang, yang biasanya hadir sekitar hari ketiga atau keempat setelah melahirkan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penjelasan tentang kapan ASI keluar.

[Gambas:Video Haibunda]



KAPAN ASI AKAN KELUAR?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!