sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Menyusui Bayi yang Benar agar Bunda dan Bayi Merasa Nyaman

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 27 Aug 2022 11:05 WIB
Ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Proses menyusui bagi Bunda untuk bayinya mungkin tidak selalu berjalan mulus. Terkadang, mungkin Bunda bisa mengalami kesulitan, terutama saat masa awal menyusui bagi ibu baru yang masih perlu untuk beradaptasi agar dapat terbiasa.

Sebagai solusinya, Bunda perlu mengetahui cara menyusui bayi yang benar agar busui dan bayi merasa nyaman. Untuk bisa memahami cara menyusui yang benar, sebelumnya ada beberapa langkah yang bisa Bunda coba.

Dengan melakukan persiapan dan mengikuti langkah-langkah menyusui di bawah ini, Bunda akan merasa lebih mudah dan nyaman saat menyusui Si Kecil. Yuk disimak.


Banner Diet Nanas

Cara menyusui bayi yang benar

1. Ibu dalam kondisi rileks dan nyaman

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam menyusui bayi yang benar ialah memastikan kondisi Bunda sudah rileks dan nyaman. Kemudian, posisi kepala bayi lebih tinggi daripada tubuhnya. Hal ini bertujuan agar bayi lebih mudah menelan ASI.

Bunda dapat menyangga menggunakan tangan atau mengganjal dengan bantal. Lalu, tempatkan hidung bayi sejajar dengan puting agar dapat mendorong bayi untuk membuka mulutnya.

2. Mendekatkan bayi pada payudara

Saat bayi membuka mulutnya dan ingin menyusu, dekatkan bayi pada payudara. Kemudian, tunggu sampai mulut bayi terbuka dengan lebar dan posisi lidah ke arah bawah. Apabila bayi belum melakukannya, sebaiknya Bunda membimbing bayi supaya bagian bawah bibir bayi dapat menyentuh puting susu.

3. Pelekatan yang benar

Posisi pelekatan bayi saat menyusui yang baik ialah saat mulut bayi tidak hanya menempel pada puting, tapi juga di areola. Pelekatan menjadi salah satu hal penting dalam cara menyusui yang benar.

Pelekatan yang baik dan benar juga ditandai tidak adanya rasa sakit atau nyeri saat bayi menyusu di payudara Bunda serta bayi dapat memperoleh ASI yang mencukupi. 

4. Membetulkan posisi bayi

Apabila terjadinya rasa nyeri pada puting, sebaiknya melepaskan pelekatan dengan cara memasukkan jari kelingking ke dalam mulut bayi dan letakkan di antara gusinya. Gerakan ini akan membantu untuk membuat bayi berhenti menyusu sementara, dengan begitu ibu bisa menyesuaikan posisi bayi.

Setelah itu, Bunda dapat mencoba kembali posisi pelekatan yang lebih baik. Apabila pelekatan sudah benar, biasanya bayi akan menyusu dengan baik.

5. Waktu menyusu yang tepat

Umumnya, bayi menyusu mulai dari lima menit sampai dengan satu jam. Hal tersebut, tergantung kebutuhannya. Bagi bayi yang baru lahir, biasanya perlu disusui setiap dua hingga tiga jam, dengan waktu menyusu 10-15 menit, tetapi dapat juga lebih lama.

Supaya Bunda dan bayi dapat beradaptasi dengan baik, biasanya dibutuhkan beberapa waktu supaya proses saat menyusui dapat berjalan lancar.

Itulah, 5 cara menyusui dengan benar yang bisa Bunda lakukan supaya proses menyusui bayi berjalan mulus. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat dan membantu ya Bunda.(PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 9 cara mencegah mastitis.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!