sign up SIGN UP search


menyusui

10 Cara Mengecilkan Payudara secara Alami, Minum Teh Hijau hingga Olahraga

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 29 Aug 2022 07:10 WIB
Ilustrasi Mengecilkan Payudara caption
Jakarta -

Cara mengecilkan payudara bisa dilakukan secara alami lho, Bunda. Ada beberapa cara alami yang bisa diterapkan untuk menurunkan berat badan yang memengaruhi ukuran payudara.

Secara umum, tidak ada ukuran payudara yang normal bagi wanita. Tapi bagi sebagian orang, ukuran payudara yang besar mungkin bisa mengganggu aktivitas dan mengubah penampilan.

"Ada beberapa bukti menyebut bahwa ukuran cup bra yang besar dikaitkan dengan nyeri bahu dan leher. Seseorang juga mungkin ingin mengurangi ukuran payudara karena alasan kosmetik atau psikologis," kata perawat senior, Debra Sullivan, Ph.D, MSN, RN, CNE, COI, dilansir Medical News Today.


Banner Diet Nanas

Ukuran payudara bisa menjadi besar karena pengaruh hormon estrogen. Hormon ini memiliki peran utama dalam perkembangan jaringan di payudara, Bunda.

Selain karena faktor hormonal, ukuran payudara juga bisa dipengaruhi faktor genetik, berat badan, dan usia. Pada beberapa kasus, perubahan ukuran payudara dapat disebabkan karena pengaruh obat-obatan atau masalah tiroid.

Cara mengecilkan payudara

Ada beberapa cara untuk mengecilkan payudara yang berubah karena suatu penyebab. Melansir dari Healthline dan Style Craze, berikut 10 cara mengecilkan payudara secara alami:

1. Teh jahe

Jahe dapat membantu merangsang metabolisme dan membakar lemak di seluruh tubuh. Ahli gizi merekomendasikan untuk minum teh jahe tiga kali sehari untuk memberikan efek penurunan berat badan yang berkontribusi dalam memperbaiki tampilan payudara kendur. Meski begitu, belum ada penelitian yang membuktikan khasiat jahe dalam mengecilkan payudara.

Cara membuat teh jahe

  • Campur satu sendok teh jahe parut ke dalam satu cangkir air.
  • Rebus parutan jahe selama 5 menit dan saring cairannya.
  • Biarkan dingin dan tambahkan madu di dalam minuman.

2. Cara mengecilkan payudara: Teh hijau

Teh hijau atau green tea adalah obat alami yang dikenal dapat menurunkan berat badan. Teh hijau mengandung sejumlah antioksidan dan dapat meningkatkan metabolisme untuk membakar lemak dan kalori.

Penumpukan lemak yang berkurang tersebut akan membantu mengurangi ukuran payudara. Selain itu, minum teh hijau juga dapat meningkatkan energi.

Cara membuat teh hijau untuk mengecilkan payudara

  • Campurkan satu sendok teh hijau ke dalam satu cangkir air.
  • Rebus campuran tersebut selama 5 menit dan saring.
  • Biarkan dingin dan tambahkan madu ke dalamnya.
  • Bunda dapat minum teh hijau ini tiga kali sehari.

3. Putih telur

Ilustrasi Mengecilkan PayudaraIlustrasi Mengecilkan Payudara/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Cara lain untuk mengurangi ukuran payudara adalah dengan mengembalikan elastisitasnya. Setidaknya, hal tersebut bisa mencegah payudara kencur saat mengecil.

Nah, untuk mengembalikan elastisitas ini, Bunda bisa menggunakan masker putih telur di payudara. Selain untuk mengencangkan kulit putih telur juga dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit payudara.

Cara aplikasi masker putih telur

  • Kocok dua putih telur sampai membentuk busa
  • Oleskan ke payudara dan biarkan selama 30 menit
  • Bila sudah mengering, segera bilas dengan air hangat.

4. Biji rami

Biji rami atau flexseed memiliki sifat yang bisa mengurangi kadar estrogen. Hormon ini dapat mengontrol pertumbuhan saluran di payudara, Bunda. Nah, konsumsi biji rami mungkin memiliki beberapa efek dalam mengurangi ukuran payudara.

Cara konsumsi biji rami

  • Campurkan satu sendok makan biji rami dan segelas air hangat.
  • Bunda juga dapat menambahkan biji rami bubuk ke jus.

5. Biji fenugreek

Menurut pengobatan tradisional India, Ayurveda, bijiĀ fenugreek bisa mengencangkan payudara kendur. Biji fenugreek juga dipercaya bisa mengurangi ukuran payudara, Bunda.

Selain itu, fenugreek mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan membantu menghaluskan kulit di sekitar payudara.

Cara mengecilkan payudara dengan fenugreek

  • Rendam tiga sendok makan biji fenugreek selama semalaman.
  • Kemudian, haluskan sampai membentuk pasta yang kental.
  • Oleskan bahan tersebut secara merata di kedua payudara dan biarkan sampai mengering, lalu bilas dengan air.
  • Bunda dapat melakukan rutinitas ini 3 sampai 4 kali seminggu.

6. Minyak ikan

young girl being given childrens supplements or vitamin by her motherIlustrasi Minyak Ikan/ Foto: iStock

Asam lemak omega-3 yang terkandung di minyak ikan dapat membantu dalam manajemen berat badan, Bunda. Selain itu, minyak ikan juga dapat membantu mengurangi ukuran payudara yang berubah karena kehamilan atau penambahan berat badan.

Bunda bisa mendapatkan asupan minyak ikan dari makanan atau suplemen. Namun, konsumsi suplemen saja mungkin tidak akan membantu dalam penurunan berat badan. Bunda juga harus berolahraga untuk menjaga berat badan. Paling penting, jangan lupa konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen ya.

7. Bayam

Sayur bayam dikenal karena manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Bunda dapat mengonsumsi sayur bayam bersama dengan olahraga rutin untuk menurunkan berat badan hingga memperbaiki penampilan payudara.

Jus bayam untuk mengecilkan payudara

  • Campurkan sayur bayam dengan susu almond dan buah-buahan favorit Bunda.
  • Tambahkan beberapa es batu.
  • Bunda dapat mengonsumsi jus ini setidaknya 3 kali seminggu.

8. Berhenti merokok untuk mengecilkan payudara

Sebuah studi menunjukkan, merokok secara signifikan dapat mengurangi kemampuan kulit untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Penggunaan tembakau yang berlebihan juga dapat menghambat regenerasi sel-sel kulit di tubuh.

Tak hanya itu, merokok pun dapat menyebabkan penuaan dini dan kerutan. Bila Bunda berencana untuk mengecilkan payudara, sebaiknya berhenti merokok ya.

9. Minum air putih

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Tapi, setidaknya orang dewasa disarankan untuk minum air putih sekitar delapan gelas per hari atau total 2 liter.

Konsumsi air putih juga dapat membantu mengurangi ukuran payudara dengan mencegah penumpukan lemak. Perlu diketahui, penumpukan lemak cenderung lebih cepat terjadi ketika tubuh mengalami dehidrasi.

Selain dari minuman, makanan juga bisa memberikan asupan cairan yang dibutuhkan tubuh. Bunda dapat memperolah asupan cairan dari buah dan sayur, seperti bayam dan semangka.

10. Olahraga

Ilustrasi Mengecilkan PayudaraIlustrasi Mengecilkan Payudara/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Selain konsumsi makanan tertentu, Bunda juga perlu melakukan olahraga atau latihan untuk mengecilkan payudara. Berikut beberapa latihan yang bisa dilakukan:

Joging

Joging merupakan jenis latihan kardio yang dapat membantu mengurangi lemak di tubuh, termasuk area payudara. Bunda dapat melakukan aktivitas fisik ini selama 20 hingga 30 menit.

Berenang

Berenang dapat melatih otot-otot di dada dan bahu, sehingga membantu mengencangkan payudara kendur ketika ingin mengecilkannya. Bunda dapat melakukan olahraga ini selama kurang lebih 20 menit untuk membantu mengecilkan payudara.

Yoga untuk mengecilkan payudara

Bunda juga bisa melakukan yoga untuk mengecilkan payudara agar tidak kendur. Yoga tak hanya bisa mengencangkan payudara, tapi juga dapat mengembalikan postur Bunda usai melahirkan dan menyusui.

Push up

Latihan push up dapat membantu mengencangkan otot dada (pektoral) dan membuatnya lebih kencang. Diharapkan bila Bunda melakukan push up bisa membantu mengurangi ukuran payudara dan memperbaiki penampilannya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga cara membuat masker untuk atasi payudara kendur, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!