sign up SIGN UP search


menyusui

Yasmin Wildblood Sempat Alami Mastitis saat Masih Hamil, Kok Bisa?

Khesedtov Bana   |   Haibunda Sabtu, 03 Sep 2022 11:10 WIB
Yasmin Wildblood caption
Jakarta -

Aktris cantik Yasmin Wildblood melahirkan bayi laki-laki sekaligus anak ketiganya pada Minggu, 28 Agustus 2022 nih Bunda.

Melalui media sosial Instagram, Yasmin membagikan momen bahagianya setelah melahirkan melalui sebuah foto dirinya bersama Baby Y dan suami tercinta. Wah, selamat ya Bunda Yasmin!

Setelah sebelumnya telah melahirkan putri-putri yang cantik dan imut, anak ketiga Yasmin kali ini merupakan seorang laki-laki tampan yang diberi nama Yannick Abishalom Budisatrio Soerjosoemarno. Jagoan baru Bunda Yasmin lahir dengan sehat dengan berat 3,39 kg dan panjang 49 cm.


Yasmin Wildblood sempat alami gangguan kehamilan

Selama kehamilan hingga melahirkan, setiap Bunda pasti mengalami banyak hal serta perubahan pada tubuh. Bahkan proses yang Bunda lewati pada kehamilan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya bisa jadi berbeda. Seperti yang Yasmin Wildblood alami pada kehamilan anak ketiganya kali ini.

Sebelum melahirkan, Yasmin sempat membagikan pengalamannya melalui Instagram Story. Salah satunya, ia mengungkapkan alami mual yang lebih lama jika dibandingkan dengan kehamilan sebelumnya, hemoroid, lebih mudah nangis, hingga alami mastitis.

“Beda bgt (dengan kehamilan sebelumnya). Mual di awal hamil lebih lama sampe 4-5 bulan. Ngerasain mastitis disaat lagi hamil, hemorrhoid kumat, pelvic aku sakit bgt dan lebih cengeng hamil ini. Gampang bgt nangis. Mantab deh,” tulis Yasmin.

Apakah Bunda juga alami hal yang dialami Yasmin? Seperti disebutkan di atas, Yasmin mengalami mastitis saat ia masih menjalani kehamilan, lho kok bisa ya?

Mastitis saat hamil

Mastitis adalah kondisi peradangan jaringan payudara yang terkadang menyebabkan infeksi. Peradangan ini biasanya menyebabkan nyeri pada payudara, pembengkakan, dan kemerahan. Tanda lainnya juga bisa menyebabkan Bunda merasa demam.

Kondisi mastitis atau peradangan pada payudara ini umumnya dialami para Bunda yang tengah menyusui di hari pertama hingga 12 bulan setelah melahirkan. Biasanya, mastitis sering disebabkan oleh penumpukan ASI di dalam payudara, yang dikenal sebagai stasis ASI. 

Namun, beberapa ibu hamil juga bisa mengalami mastitis. Kondisi yang tak umum itu biasanya disebabkan pemakaian bra yang salah ukuran.

Penyebab mastitis saat hamil

Mastitis bisa terjadi dikarenakan bakteri yang tertumpuk pada kulit atau dikarenakan cairan air liur yang memasuki jaringan payudara melalui saluran susu atau retakan di kulit.

Saluran susu merupakan salah satu bagian pada area payudara yang membawa ASI ke puting. Semua jenis kelamin memiliki saluran susu, itulah kenapa baik perempuan maupun laki-laki bisa mengalami kondisi mastitis.

Ukuran bra yang tak sesuai

Infeksi mastitis juga bisa terjadi ketika saluran ASI yang tersumbat akibat menggunakan bra yang terlalu ketat dan membatasi aliran ASI yang menyebabkan ASI tergenang di dalam saluran susu, hal ini juga bisa disebabkan teknik menyusui yang salah atau karena Bunda hanya menggunakan satu sisi saat menyusui. 

Selama hamil dan melahirkan, ukuran payudara Bunda pasti mengalami perubahan ukuran karena produksi ASI. Hal ini menyebabkan terkadang ukuran bra yang biasa Bunda gunakan menjadi berubah ukuran dan terlalu sempit jika digunakan pada bulan-bulan pertama menyusui. Berdasarkan penelitian dari Mothercare, 55 persen Bunda yang baru melahirkan merasa bahwa mereka menggunakan ukuran bra yang salah.

Lalu apa saja gejala mastitis dan bagaimana cara meredakannya? Simak di halaman selanjutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 9 cara mencegah mastitis:

[Gambas:Video Haibunda]



KENALI GEJALA MASTITIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!