sign up SIGN UP search


menyusui

Belum Pernah Hamil, Wanita Ini Berhasil Susui Bayi Angkat Lewat Induced Lactation

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 04 Sep 2022 11:18 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Seorang wanita asal Malaysia berhasil menyusui bayi angkatnya meski tidak pernah hamil. Wanita bernama Mizz Nina ini memilih prosedur induced lactation untuk menyusui buah hatinya, Bunda.

Mizz Nina adalah artis asal Malaysia kelahiran 42 tahun lalu. Pada bulan Maret lalu, dia mengumumkan telah mengadopsi anak bernama Musa di akun Instagram miliknya.

Beberapa media di Malaysia mengungkapkan bahwa Mizz Nina menyusui anak angkatnya melalui inducted lactation. Tak banyak yang tahu, ternyata cara ini bisa membuat ASI keluar pada Bunda yang belum pernah hamil sekali pun.


Menyusui dengan Inducted lactation

Bunda mungkin masih asing dengan istilah induced lactation. Dalam dunia media, induced lactation berarti memproduksi ASI tanpa kehamilan.

Menurut ulasan di laman Cleveland Clinic, induced lactation atau laktasi yang diinduksi adalah proses untuk memproduksi ASI dengan melibatkan hormon estrogen dan progesteron selama beberapa bulan untuk membuat tubuh seperti percaya sedang hamil.

Namun, mengutip dari Twitter @MyHeartAssoc, ada dua metode untuk melakukan induced lactation. Pertama dilakukan secara alami, dan kedua melibatkan hormon.

"Ada 2 kaedah untuk induced lactation, yaitu secara natural yang dipanggil (disebut) "basic pumping protocol" dan kaedah kedua ialah menggunakan hormon," tulis akun Twitter tersebut.

Metode induced lactation

Berikut 2 metode dalam induced lactation untuk menghasilkan ASI:

1. Secara alami

Induced lactation dapat dilakukan dengan cara alami atau disebut 'basic pumping protocol'. Sekitar satu sampai dua bulan sebelum anak angkat datang, seorang wanita bisa mulai merangsang produksi ASI dengan memijat payudara 8 sampai 10 kali sehari.

Langkah tersebut harus dilakukan selama dua minggu, Bunda. Nah, setelah dua minggu bisa menggunakan pompa ASI elektrik selama 10 sampai 15 menit setiap 3-4 jam sehari.

"Meski pada awalnya ASI tidak keluar, namun melakukan proses ini secara konsisten akan merangsang produksi ASI secara alami," ujar akun @MyHeartAssoc.

Metode kedua melibatkan hormon yang memicu produksi ASI. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 3 tips membersihkan dot bayi dari kuman, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

METODE INDUCED LACTATION DEGAN HORMON
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!