sign up SIGN UP search


menyusui

Penyebab Munculnya Kram Perut saat Menyusui dan Cara Meredakannya

Siti Masitoh   |   Haibunda Kamis, 13 Oct 2022 13:17 WIB
Abdominal pain patient woman having medical exam with doctor on illness from stomach cancer, irritable bowel syndrome, pelvic discomfort, Indigestion, Diarrhea, GERD (gastro-esophageal reflux disease) caption
Jakarta -

Pasca melahirkan, tiba waktunya Bunda memasuki masa menyusui. Di masa inilah, Bunda akan mengalami banyak tantangan dalam menyusui Si Kecil. 

Bunda mungkin ada yang mengalami puting lecet, payudara bengkak, ASI seret, bahkan ada juga yang merasakan kram perut. Sebenarnya apa penyebab munculnya kram perut saat menyusui?

Penyebab kram perut saat menyusui

Melansir laman Romper.com, terdapat beberapa penyebab kram perut saat menyusui. Kram perut pada saat menyusui adalah hal yang normal dan banyak wanita mengalaminya.


Dokter Yvonne Bohn, seorang OB-GYN di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California mengatakan kram terjadi karena terkait dengan oksitosin yaitu hormon yang menyebabkan kontraksi rahim dalam persalinan. Kemudian dilepaskan saat menyusui.

Faktanya, kram saat menyusui merupakan efek samping yang sangat penting dari menyusui langsung pasca persalinan. Hal ini tidak hanya normal tapi sangat baik. Sebab oksitosin bisa menyebabkan rahim kram yang dapat membantu Bunda mengurangi risiko pendarahan berat dan pendarahan postpartum.

Chrisie Rosenthal, Konsultan Laktasi Bersertifikat Dewan Internasional (IBCLC) mengatakan bahwa kram yang diinduksi oksitosin ini bekerja untuk mengecilkan rahim agar kembali ke ukuran sebelum hamil setelah diregangkan selama kehamilan dan persalinan, Bunda.

Apakah kram perut saat menyusui itu normal?

Jika Bunda beberapa hari pasca persalinan mengalami kram saat menyusui, itu hal yang normal. Memang terasa tidak nyaman pada beberapa hari pertama setelah kelahiran, tapi seiringnya waktu akan semakin membaik dan rahim akan semakin menyusut.

Memang tidak perlu khawatir merasa kram saat menyusui, tapi jika sakitnya mulai terasa parah dan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas pun tidak mampu memberikan kelegaan, sebaiknya segera hubungi OB-GYN ya Bunda.

Klik halaman berikutnya untuk tahu penyebab munculnya kram saat menyusui hingga peredanya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab busui merasa pusing. 

[Gambas:Video Haibunda]



PEREDA KRAM PERUT SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!