sign up SIGN UP search

menyusui

Penyebab Munculnya Kram Perut saat Menyusui dan Cara Meredakannya

Siti Masitoh   |   Haibunda Kamis, 13 Oct 2022 13:17 WIB
PEREDA KRAM PERUT SAAT MENYUSUI
Happy mom and baby with a breastfeeding together in bedroom. caption

Berbahayakah kram perut saat menyusui?

Bahkan tanpa menyusui, rahim secara alami akan kembali normal. Namun, jika Bunda menyusui dan tidak tidak mengalami kram sama sekali pasca persalinan, disarankan sebaiknya berkonsultasi dengan konsultan laktasi karena itu bisa menjadi tanda bahwa Si Kecil mungkin tidak memiliki pelekatan yang efektif.

Apakah kram saat menyusui menjadi tanda kehamilan?

Sebenarnya jika sudah melewati pasca persalinan, kram saat menyusui benar-benar bisa menjadi tanda kehamilan lho Bunda. “Kram kadang-kadang terjadi karena implantasi atau karena berbagai alasan lainnya, jadi itu pasti bisa terjadi saat menyusui,” kata Katie Clark, seorang pendidik laktasi bersertifikat.

Jadi, Bunda jangan khawatir jika mengalami kram yang mungkin terasa saat menyusui karena hal itu normal terjadi dan merupakan bagian dari proses penyembuhan tubuh pasca persalinan. Kecuali kram yang dirasa sangat parah dan berlangsung selama lebih dari beberapa hari.


Banner Diet Air Hangat Seminggu

Pereda kram pasca melahirkan

Melansir laman Livingforthesunshine.com, terdapat beberapa hal yang bisa meredakan kram perut saat menyusui.

  • Pernapasan

Latihan pernapasan tidak berhenti sampai Bunda melahirkan ya. Sebab Latihan yang dipelajari di kelas prenatal juga akan berguna dalam kondisi ini. Bernapaslah melalui rasa sakit yang paling parah atau belajar bermeditasi.

  • Panas

Sebagai alat bantu, Bunda bisa selipkan bantal pemanas di bawah bantal menyusui. Bantalan pemanas ini mungkin juga akan terasa nyaman di punggung.

  • Obat penghilang sakit

Bunda mungkin memerlukan obat penghilang rasa sakit OTC untuk menghilangkan rasa sakit kram. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter untuk memastikan Bunda tahu obat dan dosis mana yang tepat dikonsumsi.

Bunda harus berhati-hati dengan obat nyeri haid tradisional yang terkadang mengandung kafein dalam dosis besar. Sebab itu bukan sesuatu yang dibutuhkan saat menyusui Si Kecil.

  • Latihan

Lakukanlah olahraga karena dapat membantu meringankan beberapa rasa sakit kram perut dan membantu tubuh memproduksi endorfin ekstra. Bunda bisa melakukan kardio atau berjalan-jalan karena udara segar akan baik untuk ibu dan bayi.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!