sign up SIGN UP search


menyusui

5 Hal Ini Bikin Busui Serba Salah saat Menyusui di Tempat Umum, Simak Mengatasinya Yuk

Asri Ediyati   |   Haibunda Jumat, 16 Sep 2022 16:34 WIB
Young european woman with violet stole is breastfeeding her little child close to white baby carriage at public place shopping mall at day time 5 Hal Ini Bikin Busui Serba Salah saat Menyusui di Tempat Umum, Simak Mengatasinya Yuk/Foto: Getty Images/iStockphoto/Travelsouls
Jakarta -

Menyusui di mana saja adalah hak Bunda. Termasuk di tempat umum. Soal menyusui di tempat umum, banyak bunda yang sudah sangat nyaman menyusui di depan umum. Tapi, apakah Bunda demikian?

Dilansir Very Well Family, sebagian Bunda mungkin merasa sangat cemas ketika harus menyusui di depan umum. Tak hanya dan khawatir tentang apa yang akan dipikirkan orang, dan seberapa bagian kulit yang akan Bunda tak sengaja tunjukkan.

Memang, menemukan kenyamanan, kepercayaan, tujuan, dan keyakinan diri dalam menyusui tidak selalu mudah. Hal itu tentu menjadi tantangan bagi semua ibu menyusui. Di samping itu, terdapat hal-hal yang seringkali membuat Bunda serba salah saat menyusui di tempat umum.


Kondisi membuat busui serba salah saat menyusui di tempat umum

Ada beberapa hal yang seringkali membuat Bunda merasa serba salah saat menyusui di tempat umum. Hal-hal di bawah ini, mungkin Bunda pernah mengalaminya. Berikut daftarnya beserta cara mengatasinya.

  • Dilihat banyak orang

Bunda mungkin merasa risi ketika menyusui di tempat umum, tapi semua mata tertuju pada Bunda. Padahal kita merasa tidak ada yang aneh. Untuk itu, penting untuk meyakinkan diri sendiri bahwa menyusui di tempat umum adalah hak para ibu menyusui.

Ingat-ingat kembali bahwa menyusui di tempat umum adalah legal dan merupakan hal yang sangat baik. Bunda juga memberikan manfaat sampingan yang besar yaitu mendidik setiap pria dan wanita muda yang mungkin kebetulan melihat Bunda.

Dilansir Today's Parent, jangan lupa senyum! Jika Bunda melihat seseorang melirik ke arah Bunda saat Bunda menyusui, bahkan jika mereka mengerutkan kening, beri mereka senyuman! Bunda tahu kalau Bunda melakukan sesuatu yang sangat penting untuk anak, dan itu hal yang baik. Jika Bunda menunjukkan kepercayaan diri dengan senyum ramah, Bunda dapat meredakan situasi.

  • Bayi enggak bisa diam saat menyusu

Ini salah satu problema yang kadang bikin pusing busui. Bunda pernah mengalaminya? Cara terbaik adalah memberikan afirmasi positif pada anak sebelum menyusui dimulai. Atau, Bunda coba berlatih di rumah di depan cermin.

Pilih posisi menyusui yang nyaman. Beberapa bayi tidak tahan kain menyentuh wajah mereka saat mereka menyusu, sementara yang lain tidak terlalu terganggu olehnya, jadi bereksperimenlah untuk menemukan pilihan terbaik Anda.

Baca kondisi lainnya dan cara mengatasinya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tantangan yang biasa dihadapi Bunda pejuang ASI:

[Gambas:Video Haibunda]



ASI REMBES, SULIT BUKA BRA, HINGGA CARI TEMPAT NYAMAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!